Keluarga

Bolehkah Minum Obat dengan Air Es? Begini Penjelasannya!

Bolehkah Minum Obat dengan Air Es? Begini Penjelasannya!

MOMSMONEY.ID - Air putih adalah minuman terbaik untuk mengonsumsi obat saat Anda sedang sakit. Air tidak menghambat metabolisme obat dan juga tidak mengganggu penyerapannya dalam tubuh. 

Sementara itu minuman ringan atau minuman bersoda, kopi, teh, alkohol membuat interaksi obat atau alergi dalam kasus beberapa pasien. Sementara itu, susu hanya akan untuk dikonsumsi dengan tablet kalsium atau vitamin D. 

Baca Juga: Rahasia Kulit Sehat dan Glowing, Konsumsi Vitamin E Rutin dari Sekarang

Namun apakah boleh minum obat dengan air es? Melansir The Health Site, idealnya air yang digunakan untuk minum obat adalah air dengan suhu ruang. Air pada dasarnya bertindak sebagai alat transportasi untuk obat-obatan. 

Menggunakan air untuk mengonsumsi obat bisa mencegah tersedak dan meningkatkan penyerapan obat-obatan di perut dan usus Anda. 

Lebih lanjut, dalam kasus batuk dan infeksi tenggorokan disarankan untuk minum obat dengan air hangat. Suhu air hangat bisa menenangkan tenggorokan dan mempercepat proses pelarutan. 

Hal yang perlu dihindari adalah mengonsumsi obat dengan air panas karena akan menyebabkan lapisan kapsul meleleh di mulut. Obat berjenis kapus harus selalu diminum dengan air pada suhu kamar. 

Baca Juga: Blackhead vs Whitehead, Gimana Sih Cara Menghilangkan Komedo di Wajah?

Namun untuk obat demam seperti parasetamol serta menderita pilek, Anda bisa menggunakan air panas. Parasetamol lebih cepat larut jika terkena air panas.

Jadi bolehkah minum obat dengan air es? Ini tergantung pada jenis obatnya dan kondisi badan Anda. Namun idealnya adalah menggunakan air minum biasa atau dengan suhu kamar. 

Selanjutnya: Bayi 3 Bulan Sudah Bisa Apa Saja? Ini Penjelasannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News