BisnisYuk

Bobopod Pancoran Menjadi Net Zero Waste Hotel, Ini Program yang Mereka Lakukan

Bobopod Pancoran Menjadi Net Zero Waste Hotel, Ini Program yang Mereka Lakukan

MOMSMONEY.ID - Buah dari keseriusan Bobobox mengelola sampah secara berkelanjutan adalah Bobopod Pancoran berhasil menjadi net zero waste hotel. 

Bobopod Pancoran mengelola 95,80 kg sampah organik menjadi kompos menggunakan metode Open Windrow. Kemudian, sampah tersebut dijadikan pakan ternak melalui budidaya BSF (Black Soldier Fly) yang kaya akan protein. 

Lalu, sekitar 286 kg dari sampah anorganik mereka distribusikan kembali untuk didaur ulang. Lalu, 367,80 kg sampah residu diubah menjadi energi alternatif menggunakan teknologi RDF, yang tidak hanya membantu mengurangi emisi gas rumah kaca tetapi juga mampu menjaga kelestarian alam.

Dengan mengalokasikan kembali 100% sampah yang masuk, Bobopod Pancoran mengklaim, telah berhasil melakukan zero waste to landfill, di mana tidak ada satupun sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA).

Hal tersebut menjadikan Bobopod Pancoran sebagai portofolio akomodasi pertama Bobobox yang mencapai status net zero waste hotel

Baca Juga: Daya Tarik Staycation Unik Kala Liburan 

Pencapaian itu Bobobox raih lewat kolaborasinya bersama dengan Waste4Change. Satria Gundara, ESG Program Manager Bobobox, mengatakan, inisiatif ini menjadi tahapan progresif perusahaan dalam meningkatkan efektivitas proses manajemen sampah.  

Menurutnya, sebagai salah satu pemain di industri pariwisata, Bobobox melihat pengelolaan sampah sebagai bagian tak terpisahkan dari operasional bisnis penginapannya. 

"Dengan bekerja sama bersama Waste4Change, kini kami dapat menerapkan sistem manajemen yang lebih holistik, dari hulu ke hilir," katanya, Jumat (10/5).

Langkah ini menjadi penting dalam perjalanan Bobobox menuju zero waste to landfill. Tidak hanya itu, kerjasama ini juga memungkinkan pihaknya memberikan manfaat kepada masyarakat melalui prinsip ekonomi sirkular.  

Sebagai informasi, dengan tercapainya pengelolaan 7,5 kuintal sampah tersebut, Bobobox telah mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 334.5 ton CO₂. Progres ini merupakan pencapaian yang signifikan dalam memerangi pemanasan global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News