Keluarga

Bisa Meratakan Warna Kulit, Ini 3 Manfaat Sabun Pepaya untuk Kulit Wajah

Bisa Meratakan Warna Kulit, Ini 3 Manfaat Sabun Pepaya untuk Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Sebelum mencobanya, ketahui dulu apa saja manfaat sabun pepaya untuk kulit wajah berikut ini.

Tak hanya nikmat, pepaya juga menyimpan banyak manfaat kesehatan. Buah tropis ini kaya akan serat dan vitamin C, sehingga menjadikannya sebagai pilihan camilan yang bergizi.

Selain langsung dikonsumsi, pepaya juga kerap diolah menjadi sabun yang bermanfaat bagi kulit wajah.

Kira-kira, apa saja manfaat sabun pepaya untuk kulit wajah? Dilansir dari Livestrong.com, inilah penjelasannya.

Baca Juga: Anak Remaja Suka Memberontak? Ini 6 Penyebab Anak Remaja Suka Memberontak

1. Mengobati jerawat

Manfaat sabun pepaya untuk kulit wajah yang pertama yaitu mengobati jerawat. Pepaya kaya akan vitamin C yang tidak hanya bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, tetapi juga mampu meningkatkan kesehatan kulit.

Menurut penelitian pada bulan April 2013 di Indian Dermatology Online Journal, vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan gejala jerawat seperti kemerahan dan bengkak.

Jika Anda berniat untuk menggunakan sabun pepaya pada wajah, pastikan untuk tidak memilih sabun pepaya yang mengandung papain ya. Karena, papain bisa menyebabkan reaksi alergi, menurut Food and Drug Administration (FDA).

2. Mencegah penuaan kulit

Manfaat sabun pepaya untuk kulit wajah yang kedua yaitu mencegah penuaan kulit. Kerusakan dan penuaan kulit dapat terjadi ketika sel-sel tubuh mengalami stres oksidatif, menurut penelitian di Biomolecules pada Juni 2015.

Kabar baiknya, pepaya dikemas dengan antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang mampu membantu melindungi tubuh termasuk kulit dari stres oksidatif, menurut penelitian di Biology per April 2021. Jadi, dengan menggunakan sabun pepaya, itu bisa membantu mencegah penuaan kulit akibat stres oksidatif.

Seperti yang sudah disampaikan di atas, selalu ingat untuk memilih sabun pepaya yang bebas dari kandungan papain guna menghindari efek samping yang berpotensi berbahaya bagi kulit.

Baca Juga: 7 Cara Membantu Anak Remaja Menyelesaikan Masalah dengan Baik

3. Meratakan warna kulit

Manfaat sabun pepaya untuk kulit wajah yang ketiga yaitu meratakan warna kulit. Pepaya diklaim mampu mencerahkan kulit. Faktanya, memang benar demikian.

Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, sabun pepaya dapat membantu mengobati hiperpigmentasi. Menurut Indian Dermatology Online Journal, hiperpigmentasi adalah suatu kondisi di mana bercak kulit menjadi lebih gelap.

Berdasarkan penelitian yang sama, sabun pepaya juga bisa mencegah hiperpigmentasi yang terjadi setelah peradangan atau selama penyembuhan luka.

Nah, itulah sederet manfaat sabun pepaya untuk kulit wajah yang tidak boleh Anda lewatkan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba sabun pepaya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News