Santai

Berkolaborasi, IHA dan SACM Selenggarakan Masterclass of Partnership

Berkolaborasi, IHA dan SACM Selenggarakan Masterclass of Partnership

MOMSMONEY.ID - Indonesian Heritage Agency (IHA) melakukan kolaborasi dengan Shanghai Art Collection Museum (SACM) menyelenggarakan rangkaian kegiatan “Masterclass of Partnership” pada 24-25 Juli 2024 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Masterclass ini diikuti oleh para staf komunikasi dan kemitraan dari berbagai unit museum di bawah naungan IHA.

Plt. Kepala Indonesian Heritage Agency Ahmad Mahendra menjelaskan, kolaborasi  dengan Shanghai Art Collection Museum adalah salah satu langkah strategis dalam upaya IHA merealisasikan misi IHA dalam mereimajinasi museum dan cagar budaya di Indonesia.

"Khususnya pilar reinvigorating atau penyegaran kembali sistem kelembagaan melalui peningkatan profesionalisme dan kompetensi individu," ujar Mahendra dalam keterangan tertulis, Kamis (25/7).

Adapun, Masterclass of Partnership menghadirkan para ahli dari SACM seperti Presiden SACM, Hu Muqing, dan Kepala Departemen Hubungan SACM, Marie Mao.

Fokus utama dari kelas utama kemitraan ini adalah untuk memfasilitasi transfer pengetahuan mengenai strategi kemitraan, kerjasama, dan alur kerja tim kerjasama dari SACM kepada IHA.

Baca Juga: Kesempatan Bagi Para UMKM Ikuti Kelas Bisnis Bareng TikTok

Mahendra menambahkan, Masterclass of Partnership dirancang untuk memperkaya dan mengembangkan keahlian kolektif sumber daya manusia IHA, terutama para profesional dalam bidang kemitraan dan sponsorship.

"Ini sebagai bagian dari upaya kami untuk meningkatkan pengelolaan kelembagaan dan pengembangan kapasitas profesional individu," tambahnya.

Melalui kegiatan ini, IHA berharap dapat memperluas pengetahuan dan keterampilan para profesional museum di bawah naungannya, sehingga mampu meningkatkan manajemen kelembagaan dan memberikan pengalaman yang lebih inovatif bagi pengunjung.

Selain kegiatan “Masterclass of Partnership”, SACM juga akan mengadakan pameran temporer bertajuk International Tour Exhibition of Chinese Traditional Fine Arts (Jakarta Station) yang akan berlangsung pada 6 September hingga 7 Oktober 2024 mendatang di Galeri Nasional Indonesia.

Presiden Shanghai Art Collection Museum, Hu Muqing, pun mengatakan bahwa pihaknya antusias berkolaborasi kami dengan IHA, khususnya dalam kegiatan masterclass ini

"Tiongkok dan Indonesia memiliki sejarah persahabatan yang panjang, dan Jalur Sutra Maritim kuno pernah menghubungkan kedua negara dengan erat. pertukaran tingkat tinggi yang sering terjadi antara Tiongkok dan Indonesia, dan kepala kedua negara telah melakukan banyak kunjungan," katanya.

Dia pun menerangkan bahwa tujuan utama dari kelas master ini adalah untuk mempromosikan pertukaran pengalaman dan berbagi pengetahuan antara Museum Koleksi Seni Shanghai dan Galeri Nasional Indonesia.

Kemudian, mengadakan diskusi luas dan mendalam mengenai tema pertukaran budaya internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News