AturUang

Berikut Tips Atur Keuangan di Tanggal Tua dari Bank BCA Digital

Berikut Tips Atur Keuangan di Tanggal Tua dari Bank BCA Digital

MOMSMONEY.ID – Tanggal tua bagi kebanyakan orang ditandai dengan berkurangnya daya beli karena keuangan mulai menipis menjelang gajian.

Agar keuangan tetap terjaga, Anda bisa mulai mengelola keuangan sehingga kebutuhan utama bisa terpenuhi, tapi juga masih ada sisa untuk kebutuhan tersier. Kuncinya adalah memahami bagaimana mengelola keuangan dengan baik. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya.

Padahal sesungguhnya tidak sulit loh untuk mengelola keuangan. Asal kita berani mulai dari hal yang paling simpel!

Caranya gimana? Dengan menetapkan tujuan keuangan kita dulu. Kenapa begitu? Karena tujuan keuangan inilah yang akan menjadi motivasi utama kita dalam mengelola keuangan. Untuk menetapkan tujuan keuangan ini, kamu bisa mengikuti prinsip SMART, yaitu (S)pecific, (M)easurable, (A)chievable, (R)elevant dan (T)ime-bound.

Baca Juga: BCA Berikan Tips Menjadi Generasi Sehat Finansial

Berikut adalah tips menetapkan tujuan keuangan dari Bank BCA Digital yang bisa Anda petik :

1.           Specific
Anda harus spesifik dalam menetapkan tujuan keuangan Anda, karena kalau kurang spesifik, maka Anda tidak akan cukup fokus untuk mencapai tujuan keuangan. Misalnya ingin beli rumah di Depok dengan luas tanah mencapai 100-250 m2 dalam 5 tahun ke depan.

2.           Measurable
Pastikan upaya untuk mencapai tujuan keuangan itu terukur dengan menetapkan besaran uang dan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan itu. Misalnya dengan mempertanyakan berapa banyak uang yang dibutuhkan dan butuh berapa lama untuk mengumpulkannya.

3.           Achievable
Turunkan tujuan keuangan Anda menjadi rencana kerja atau action plan. Rencana kerja ini akan meliputi langkah-langkah konkrit yang terjangkau ini bisa kamu lakukan demi mencapai tujuan keuangan Anda. Dengan demikian, Anda tinggal mengikuti saja rencana kerja yang telah Anda buat ini.

4.           Relevant
Pastikan tujuan keuangan relevan untuk kedepannya. Beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan pada diri sendiri antara lain adalah (1) seberapa penting tujuan keuangan ini buat kehidupanmu? (2) Apakah ada alternatif lain? (3) Seberapa skeptis kita bisa mencapai tujuan keuanganmu ini?

5.           Time-bound
Tentukan target berapa lama yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan keuanganmu ini. Apakah jangka pendek, menengah atau jangka Panjang? Berapa lama tujuan keuangan jangka pendek? Apakah 1 sampai dengan 3 tahun? Bagaimana dengan jangka Panjang? Apakah 5 sampai dengan 10 tahun?

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan untuk Pemula dari Bank CIMB Niaga

Duardi Prihandiko selaku Head of Marketing Communications BCA Digital menyampaikan, kemampuan mengelola keuangan menjadi salah satu kemampuan yang perlu untuk dimiliki oleh setiap orang.

Untuk itu, mari kita mulai dengan menetapkan tujuan keuangan kita sebagai langkah awal untuk meraih financial goals, dengan berani mulai dari dari hal kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News