AturUang

Berikut Rumus Menghitung Modal Awal Usaha

Berikut Rumus Menghitung Modal Awal Usaha

MOMSMONEY.ID – Ada banyak tips seputar menjalankan bisnis dan usaha yang telah tertuang. Namun, Anda masih bingung bagaimana cara menghitung modal usaha yang akan Anda jalankan kedepannya.

Sebelum cara memulai usaha baru, tentukan terlebih dahulu apakah jenis usaha yang akan dijalankan membutuhkan modal atau tidak. Jika membutuhkan modal, tentukan modal yang sesuai agar tidak rugi nantinya.

Berikut cara menentukan modal usaha di awal yang telah dikemas oleh PT Bank OCBC NISP Tbk. Simak di bawah ini :

1.           Tuliskan Seluruh Kebutuhan Yang Dibutuhkan Untuk Usaha

Langkah pertama dalam menentukan modal dengan menulis seluruh kebutuhan yang dibutuhkan dalam usaha. Dengan menuliskannya Anda akan mengetahui secara jelas kebutuhan apa saja yang harus disiapkan sehingga tidak ada yang terlewat.

2.           Lakukan Riset Harga Kebutuhan

Setelah menuliskan seluruh kebutuhan untuk usaha, selanjutnya melakukan survei harga di pasaran. Usahakan mencari harga termurah agar modal dan harga jual nantinya tidak terlalu tinggi. Disamping mencari harga termurah, pastikan tetap berkualitas agar tidak membuat pelanggan kecewa.

3.           Total Seluruh Harga Kebutuhan

Melakukan riset harga akan membuat Anda mengetahui harga kebutuhan usaha di pasaran. Berikutnya total seluruh harga kebutuhan usaha sehingga Anda akan mendapatkan jumlah modal yang dibutuhkan.

Apabila jumlah modal terlalu besar dan tidak sesuai dengan kemampuan finansial Anda, sebaiknya melakukan pengurangan terhadap kebutuhan-kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Jika Anda sudah memahami tips tersebut. Bank OCBC NISP memberikan rumus menghitung modal awal usaha untuk Anda. Simak di bawah ini ya :

1, Rumus Menghitung Modal Awal Usaha

Modal awal = Modal Investasi + Modal Operasional

Keterangan:

Modal Investasi (Capital Expenses)

Modal investasi adalah jenis modal yang digunakan untuk membeli keperluan bisnis jangka panjang. Modal investasi biasanya cenderung besar nominalnya. Produk yang dibeli dengan menggunakan modal investasi meliputi pembelian gedung, kendaraan, mesin pabrik, dan lain sebagainya. Perlu diketahui terdapat biaya penyusutan untuk berbagai barang yang dibeli dengan modal investasi.

Modal Operasional (Operational Expenses)

Modal operasional adalah jenis modal untuk membeli barang-barang yang berkaitan dengan pekerjaan. Selain itu, modal operasional juga dimanfaatkan dalam membiayai berbagai biaya yang sifatnya penting untuk kegiatan operasional perusahaan. Misalnya biaya listrik, biaya internet, dan lainnya.

2. Simulasi Menghitung Modal Awal Usaha

Cara memulai usaha dengan menghitung modal awal. Agar Anda lebih memahami cara menghitungnya, simak simulasi menghitung modal awal usaha berikut ini.

Bu Asri ingin mendirikan usaha toko baju baik offline store dan online shop.

Modal Investasi (Capital Expenses)

  • Laptop = Rp 4.000.000,00
  • Hotspot WIFI = Rp 750.000,00
  • Smartphone = Rp 2.500.000,00
  • Pembuatan website = Rp 3.500.000,00
  • Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Jumlah Rp 10.750.000,00

Modal Operasional (Operational Expenses)

  • Sewa toko fisik = Rp 2.000.000,00
  • Gaji karyawan = Rp 1.500.000,00
  • Listrik = Rp 250.000,00
  • Pulsa = Rp 150.000,00
  • Bayar WIFI = Rp 100.000,00

Jumlah Rp 4.000.000,00

Pada modal operasional sebaiknya dilakukan persediaan cadangan dana dalam jangka waktu 6 bulan. Hal ini bertujuan untuk mengamankan biaya operasional yang sekiranya dibutuhkan. Dari simulasi tersebut, diperkirakan modal operasional sebesar Rp 4.000.000,00 x 6 bulan yaitu Rp 24.000.000,00.

Jadi, jumlah modal awal keseluruhan sebesar Rp 10.750.000,00 + Rp 24.000.000,00 = Rp 34.750.000,00

Nah itulah cara memulai usaha baru dari nol yang bisa Anda praktikan secara langsung. Tips memulai usaha dari nol tadi sebenarnya tidak sulit diterapkan, hanya saja memerlukan kerja keras dan usaha lebih ekstra.

Apabila kurang atau tidak memiliki modal usaha, Anda dapat melakukan pinjaman atau kredit usaha kepada Bank OCBC NISP. Pinjaman usaha dari bank OCBC NISP untuk menambah jumlah modal usaha tentu akan sangat membantu Anda dalam mewujudkan usaha impian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News