Bugar

Berikut Jumlah Langkah Jalan Kaki untuk Orang Tua dan Lansia agar Tetap Bugar

Berikut Jumlah Langkah Jalan Kaki untuk Orang Tua dan Lansia agar Tetap Bugar

MOMSMONEY.ID - Berjalan 10.000 langkah per hari masih menjadi target banyak orang ketika berolahraga. Lalu, bagaimana dengan para orang tua dan lansia yang umumnya disertai keterbatasan dan kelemahan fisik? 

Dari hasil meta-studi yang dipublikasikan di Journal American Cardiology, bukan 10.000 langkah per hari, setiap orang sudah bisa mendapatkan manfaat dari berjalan kaki 2.500-2.700 langkah per hari. Manfaat optimal untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kematian akibat penyakit di usia muda bisa berkurang dengan 7.000-9.000 langkah per hari. 

Meski tak sampai 10.000 langkah per hari, angka 7.000-9.000 langkah per hari tetap cukup tinggi bagi orang tua dan lansia. Apalagi, untuk mendapatkan manfaat bagi jantung, diperlukan berjalan kaki lebih cepat, yang mana sulit untuk orang berusia lanjut.

Baca: Bukan 10.000 langkah per hari, berikut jumlah yang optimal saat olahraga jalan kaki

Dr Jayne Morgan, Direktur dan ahli kardiologi di Piedmont Healthcare Corporation, Atlanta menyebutkan, selama ini jalan kaki dengan kecepatan tinggi diasosiasikan dengan pengurangan risiko penyakit jantung. Namun, jalan kaki dengan langkah lebih pelan juga menunjukkan penurunan pada penyakit jantung. 

Dr Morgan yang tidak terlibat dalam meta-studi 2.500-2.700 langkah tersebut mengatakan, bagi orang tua dan lansia, 500 langkah dalam 1,25 mil (sekitar 2 km) lebih mudah dicapai dibandingkan 10.000 langkah dalam 5 mil. 

Dr Cheng Ha-Chen, Direktur dan dokter ahli kardiologi di Structural Heart Program di Saddleback Medical Center yang tidak ikut dalam meta-studi tersebut menambahkan, temuan studi bahwa berjalan lebih lambat pun memberi manfaat kesehatan, merupakan kabar baik bagi pasiennya yang sudah lanjut usia. 

"Target untuk mereka bukan dari 5.000 langkah menjadi 10.000 langkah, tetapi dari 0 menjadi 2.000-3.000 langkah," ujar Dr Chen, dikutip dari MedicalNewsToday.

Tak perlu berjalan sejauh mungkin, para orang tua dan lansia bisa melakukan jalan kaki 10 menit per hari, dan menjadikan ini sebagai kebiasaan sehari-hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan optimal di usianya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News