AturUang

Berikut Cara Tata Cara Bikin QRIS dan EDC di BCA

Berikut Cara Tata Cara Bikin QRIS dan EDC di BCA

MOMSMONEY.ID – Di era serba digital ini, transaksi pembayaran tidak hanya mengandalkan tunai melainkan non tunai. Sekarang ini banyak orang pilih bertransaksi lewat non tunai, salah satunya dengan QRIS.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjadi salah satu bank yang punya fasilitas merchant. Nasabah bisa menjadi merchant di BCA untuk mendapatkan layanan pembayaran menggunakan QRIS.

Nah, BCA punya dua layanan merchant. Pertama, ada QR dinamis, yakni kode QR diperoleh melalui menu QR pada mesin EDC dan sudah mencantumkan nominal transaksi. Hanya berlaku untuk 1x transaksi Kedua, ada QR statis, yaitu kode QR permanen (sticker/tent card) berlaku unik pada setiap merchant dan bisa digunakan berulang kali.

Ada sederet manfaat yang saat pelaku UMKM menjadi merchant di BCA. Diantaranya, merchant dapat meminimalisir risiko penerimaan uang palsu karena transaksi tidak menggunakan uang tunai. Pelaku UMKM juga dapat memperbanyak opsi pembayaran di merchant untuk menerima pembayaran dari berbagai jenis issuer.

Dan merchant QRIS dan merchant EDC mendapatkan akun untuk dapat mengakses Aplikasi Merchant BCA. Aplikasi Merchant BCA merupakan aplikasi yang dapat memandu usaha mulai dari daftar sebagai Merchant baru, ajukan EDC& QRIS, cek laporan transaksi, dan Merchant Care. Aplikasi Merchant BCA dapat diunduh melalui Application Store pada device merchant. Akun dibuat berdasarkan alamat email yang diisi di Formulir Data Merchant (FDM) melalui Aplikasi Merchant BCA maupun hardcopy oleh merchant

Baca Juga: Berikut Rincian Bunga KPR di BCA Bulan Juni 2024

Tertarik untuk menjadi merchant BCA? Beriku tata cara dan persyaratannya:

·    Formulir pengajuan Merchant BCA

·    KTP elektronik (untuk WNI)

·    Paspor dan KITAS/KITAP (untuk WNA)

·    NPWP (jika sudah memiliki NPWP)

·    Nomor Induk Berusaha (NIB)/Tanda Daftar Perusahaan (TDP) (untuk calon Merchant BCA yang sudah memiliki TDP namun belum memiliki NIB) *)

·    Izin Usaha yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang *)

·    Surat Izin Profesi dari Departemen/Asosiasi berwenang **)

·    Surat Pernyataan dan Kuasa Rekening Settlement Merchant BCA (jika rekening settlement bukan atas nama Merchant BCA)

·    Dokumen pendukung sesuai sarana transaksi yang dipilih

Baca Juga: Berikut Rincian Bunga KPR di Bank Mandiri Bulan Juni 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News