Keluarga

Beragam Cara Menghilangkan Noda Darah Yang Menempel di Sprei dan Kasur

Beragam Cara Menghilangkan Noda Darah Yang Menempel di Sprei dan Kasur

MOMSMONEY.ID -  Saat sedang haid, terkadang posisi tidur yang tak terkontol membuat noda darah sering menempel di seprai dan kasur. Kalau sudah demikian,  bagaimana cara menghilangkan noda tersebut? 

Melansir Ghost Bed, saat menghadapi noda darah yang menempel di kasur atau sprei jangan menggunakan air panas untuk membersihkannya. Air panas justru memperburuk keadaan karena semakin membuat noda darah sulit dihilangkan. Anda harus menggunakan air dingin. 

Selain itu, saat membersihkan noda darah di kasur atau seprai jangan digosok. Sebaiknya Anda hanya mengoleskan saja. Sebab menggosok bisa membuat noda makin tersebar. 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Miliki Rambut Sehat dan Indah, Apa Saja?

Jika Anda bisa segera membersihkan noda darah yang baru menempel, sebaiknya Anda langsung mengambil air dingin dan oleskan dengan lembut menggunakan kain yang sudah direndam air tersebut. Oleskan hingga noda menghilang. 

Gunakan soda kue
Jika noda darah sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan soda kue. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengoleskan air dingin. Kemudian taburkan soda kue dan diamkan minimal 30 menit. 

Jika sudah, bersihkan soda kue dengan mengoleskan kain basah di area tersebut. Lakukan secara berulang hingga noda menghilang. 

Gunakan campuran garam, tepung maizena dan hidrogen periksoda 

Cara menghilangkan noda darah yang membandel adalah membuat pasta yang terdiri dari garam, tepung maizena dan hidrogen periksoda. Campurkan setengah cangkir maizena dengan setengah cangkir hidrogen periksoda dan satu sendok makan garam. Campuran tersebut akan berbentuk seperti pasta gigi.

Kemudian Anda perlu membasahi noda darah dengan air dingin. Setelah itu berikan pasta tadi menggunakan spatula atau sikat gigi lembut. Diamkan sekitar 30 menit. 

Pasta akan mengering dan kandungan hidrogen periksoda akan membentuk balon. Setelah mengering dan balon pecah, oleskan kain lembap untuk membersihkan noda. Kemudian diamkan hingga mengering. 

Baca Juga: Chia Seed vs Biji Selasih, Ini 6 Perbedaan Utama Tampilan, Rasa, hingga Kandungannya

Demikian 2 cara untuk membersihkan bekas noda darah di seprai dan kasur Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News