Keluarga

Begini Rencana Proses Penobatan Raja Charles III, Ada Katy Perry & Lionel Richi

Begini Rencana Proses Penobatan Raja Charles III, Ada Katy Perry & Lionel Richi

MOMSMONEY.ID - Setelah Ratu Elizabeth II meninggal pada September 2022, anak tertuanya secara otomatis naik tahta menjadi Raja Charles III. Namun, Raja Charles III tetap harus melewati upacara penobatan untuk secara resmi menjadi pemimpin monarki Inggris. 

Melansir Architectural Digest, penobatan Raja Charles III akan berlangsung pada Sabtu, 6 Mei 2023. Raja Charles III dan istrinya Permaisuri Camilla akan mengikuti pelaksanaan ibadah penobatan yang dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury di Westminster Abbey. 

Upacara penobatan Raja Charles III akan diaksanakan pada pagi hari dan disiarkan langsung oleh kantor berita Inggris, BBC. Upacara penobatan ini akan mencerminkan budaya saat ini sekaligus menghormati tradisi yang sudah berlangsung lama. 

Baca Juga: Begini Kedekatan Kate Middleton dengan Mendiang Ratu Elizabeth II

Bagaimana proses penobatan Raja Charles III? 

Sejak 1066, hampir seluruh Raja dan Ratu Inggris dinobatkan di Westminter Abbey. Termasuk, upacara penobatan Raja Charles III. 

Tapi, upacara penobatan Raja Charles III akan dilaksanakan dengan lebih sederhana. Berbeda dengan penobatan Ratu Elizabeth II di tahun 1953 yang dihadiri oleh 8.000 tamu dan menelan biaya sekitar US$ 53,7 juta, dengan sudah memperhitungkan inflasi saat ini setara Rp 7,9 triliun.

Mengutip The Daily Mail, penobatan Raja Charles III hanya akan dihadiri oleh 2.000 tamu. Acara ini juga hanya akan berlangsung selama satu jam. Berbeda dengan ibunya, acara penobatan Ratu Elizabeth II mencapai 3 jam. 

Pada dasarnya, proses penobatan Raja Charles III masih sama seperti sebelumnya. Raja Charles III akan mengucapkan sumpah dan diberkati serta diurapi dengan minyak suci dari Gereja Makam Suci di Yerusalem. 

Raja Charles III akan duduk di kursi penobatan yang berusia 700 tahun. Raja Charles III juga akan diberikan Orb dan Tongkat Kerajaan. Baru setelah itu, Raja Charles III akan dimahkotai. 

Nah, Raja Charles III dan Permaisuri Camilla akan berangkat dari Istana Buckingham menuju Westminster Abbey. Perjalanan ini disebut dengan King’s Procession melalui Gold Stage Coach yang terkenal.  

Selesai upacara penobatan, Raja Charles III akan kembali ke Istana Buckingham. 

Baca Juga: Resmi Jadi Raja Inggris 2023, Yuk Mengenal Lebih Dekat Raja Charles III

Mahkota apa yang akan digunakan oleh Raja Charles III dan Permaisuri Camilla? 

Selama upacara penobatan berlangsung, Raja Charles III akan menggunakan mahkota seberat 2,27 kg. Artefak tak ternilai ini dibuat pada tahun 1661 dari emas padat dengan batu rubi, amethysts, safir, garnet, topas, dan turmalin yang dikelilingi beludru berwarna ungun dan bulu cerpelai. 

Di akhir upacara penobatan, mahkota St Edward tersebut akan ditukar dengan Mahkota Negara Kekaisaran yang lebih ringan, sekitar 0,97 kg.

Dengan menggunakan mahkota St Edward, Ratu Elizabeth II pernah berkata, Anda tak bisa menunduk untuk membaca pidato. Sebab, jika menunduk, leher Anda akan patah dan mahkota tersebut akan jatuh. 

Mahkota Negara Kekaisaran atau Imperial State Crown terlihat lebih mencolok dengan 2.868 berlian, memiliki banyak safir, zamrud, dan mutiara. Mahkota ini juga dilengkapo dengan beludru ungu dan hiasan bulu cerpelai. 

Sedangkan Permaisuri Camilla akan menggunakan Mahkota Ratu Mary yang dirancang tahun 1911. Mahkota ini memiliki 2.200 berlian, termasuk dua koleksi miliki Ratu Elizabeth II. 

Baca Juga: Mengenal Queen Consort Camilla, Istri Raja Charles III

Siapa saja yang akan menghadiri upacara penobatan Raja Charles III? 

Undangan penobatan resmi dibagikan oleh Istana Buckingham pada awal April 2023. Undangan tersebut menampilkan karya seni karya Andrew Jamieson. 

Dalam undangan tersebut, terdapat manusia hijau yang merupakan sosok kuno dari cerita rakyat Inggris, simbol dari musim semi dan kelahiran kembali, untuk merayakan pemerintahan baru.

Kemudian, dilengkapi oleh tanaman asli Inggris dan ada dua lambang yang mewakili Raja Charles III dan Permaisuri Camilla.

Di antara para tamu akan ada anggota keluarga kerajaan termasuk Pangeran William dan istrinya Putri Kate dan ketiga anak mereka Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis.

Pengaran Harry juga disebut bakal hadir namun tanpa istrinya. Megan Markle dan anaknya Archie dan Lilibet akan berada di California. 

Keluarga kerajaan Monako, Jepang, Swedia, Spanyol, Denmark, Yunani, dan lainnya juga diharapkan akan hadir.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan istrinya, Akshata Murthy serta ibu negara Amerika Serikat Jill Biden juga dikabarkan bakal hadir. Adapun sejumlah penerima Medali Kerajaan Inggris juga diundang. 

Siapa saja yang akan tampil pada acara penobatan Raja Charles III? 

Pada Minggu, 7 Mei 2023, acara akan dilanjutkan dengan konser penobatan di Kastil Windsor.

Dipandu oleh bintang Downton Abbey Hugh Bonneville, acara ini akan menampilkan penyanyi Katy Perry, Lionel Richie, Take That, Andrea Bocelli & penyanyi Wales Sir Bryn Terfel, Freya Ridings & Alexis Ffrench dan paduan suara Inggris. Selain itu, Bette Midler juga akan hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News