Keluarga

Begini Cara Membersihkan Peralatan Stainless Steel Supaya Lebih Berkilau

Begini Cara Membersihkan Peralatan Stainless Steel Supaya Lebih Berkilau

MOMSMONEY.ID -  Simak cara membersihkan peralatan dapur Anda yang terbuat dari baja anti karat atau stainless steel.

Dapur tidak akan mendapatkan penampilan terbaiknya selama Moms tidak tahu cara tepat membersihkan peralatan dari baja anti karat atau stainless steel. Hanya karena peralatan ini terbuat dijuluki stainless, bukan berarti tidak bisa kotor. 

Justru permukaan peralatan yang mengkilap sangat mudah menunjukkan noda, kotoran dan penumpukan lainnya yang lebih jelas. Bahkan sidik jari saja bisa berbekas di peralatan stainless steel. 

Baca Juga: Skincare Tidak Ngefek? Ini 4 Penyebab Skincare Tidak Ada Hasil yang Harus Anda Tahu

Stainless steel  sangat terlihat cantik saat bersih dan berkilau. Peralatan stainless steel seperti kulkas, microwaves dan oven memberi sentuhan modern pada dapur. Namun seringkali stainless steel mudah terlihat kusam dan kotor jika tidak dirawat dengan baik. 

Supaya peralatan stainless steel Anda selalu terlihat cantik, Anda perlu rutin membersihkan. Simak cara membersihkannya di bawah ini yuk!

1. Periksa bekas noda yang ada pada peralatan stainless steel

Saat membersihkan stainless steel atau baja anti karat, noda bisa berasal dari berbagai faktor. Nah, cara membersihkannya pun berbeda tergantung pada jenis noda. 

Noda cipratan air atau bekas air bisa dengan mudah dilap. Sedangkan bekas makanan yang menempel pada peralatan stainless steel membutuhkan produk pembersih yang lebih serius. Sehingga pastikan terlebih dahulu jenis noda yang akan Anda hadapi. 

Namun, yang pasti jangan gunakan sabut baja untuk membersihkan noda yang membandel. Sabut baja ini akan meninggalkan goresan pada peralatan stainles steel Anda. 

Sebaiknya gunakan air hangat dan sabun cuci piring. Bersihkan kotoran dengan lembut menggunakan tisu atau kain microfiber. Nah untuk noda membandel seperti bekas saos sebaiknya rendam terlebih dahulu. 

Anda juga bisa mencoba menggunakan soda kue dan cuka putih dan semprotkan ke bagian noda. Kemudian dengan lembut gosok menggunakan kain lembut atau tisu dan bilas menggunakan air hangat. 

2. Pastikan menemukan solusi pembersihan yang tepat untuk stainless steel

Salah satu cara mudah membersihkan peralatan stainless steel adalah menggunakan produk yang tepat. Kuncinya, cari produk yang menggunakan minyak esensial. 

Melansir Architectural Digest, produk dengan campuran minyak kelapa dan minyak esensial lavender bisa menghilangkan kotoran lengket dalam waktu yang cepat. Begitu pula dengan minyak esensial peppermint yang juga bisa menjadi antiseptik alami menangani bakteri apapun yang dapat menumpuk. 

3. Bersihkan dengan mengikuti arah serat baja

Saat membersihkan peralatan baja anti karat alias stainless steel, ada satu aturan umum: lap atau gosok searah dengan serat baja. Cara ini cukup mudah untuk baja yang menampilkan seratnya. 

Namun, jika peralatan baja Anda tidak menampilkan seratnya, raba terlebih dahulu dengan tangan Anda. Anda akan menemukan arah seratnya. Dengan cara ini, membersihkan jadi lebih mudah. 

Baca Juga: Tips Minimalisasi Risiko Saat Olahraga Lari

4. Gosok peralatan stainless steel Anda
Setelah Anda membersihkan peralatan stainless steel Anda, jangan melupakan satu langkah lagi: gosok peralatan Anda. Gunakan kain microfiber yang kering. 

5. Olesi dengan minyak zaitun
Minyak zaitun bisa menambahkan kilau pada peralatan stainless steel. Selain itu minyak zaitun bertindak sebagai lapisan pelindung untuk stainless steel di antara proses pembersihan secara menyeluruh. 

Caranya cukup mudah. Teteskan sedikit minyak zaitun atau olive oil di kain microfiber. Gosok sesuai dengan serat baja.

Demikian cara membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel. Dengan cara ini, peralatan Anda akan mengkilap!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News