MOMSMONEY.ID – Menyambut Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret mendatang, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) resmi berkolaborasi untuk meningkatkan Layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) 129.
Kolaborasi dijalin untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, dan mengoptimalkan sistem respons serta IT Layanan SAPA 129. Kemitraan ini dijalin BCA seiring komitmen perseroan untuk mewujudkan pembangunan inklusif yang berkelanjutan.
Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan, kesejahteraan perempuan dan anak menempati peran krusial dalam proses penciptaan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. BCA yakin, keterlibatan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, dan kesejahteraan anak, merupakan hal yang penting dan harus dijamin.
BCA mengambil langkah dengan menjalin kemitraan bersama Kementerian PPPA untuk mengoptimalkan layanan SAPA 129 sebagai upaya untuk memperkuat kapasitas Layanan SAPA 129 sebagai garda terdepan perlindungan, memastikan mereka yang membutuhkan dapat terlayani dengan cepat, sehingga para korban dan penyintas dapat memperoleh keadilan dan kembali mengembangkan potensi terbaiknya.
Baca Juga: Bank OCBC Ajak Masyarakat untuk Percaya Setara dalam Peluang
Layanan SAPA 129 merupakan hotline yang dikelola Kementerian PPPA untuk mempermudah akses masyarakat dalam melaporkan atau mengajukan aduan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. BCA akan berkolaborasi dengan Kementerian PPPA untuk:
1. Meningkatkan kapasitas SDM Layanan SAPA 129
2. Mengembangkan sistem respons Layanan SAPA 129 yang menghubungkan layanan pengaduan dengan unit/lembaga terkait
3. Mengembangkan sistem IT untuk Layanan SAPA 129
4. Quality control kinerja SDM dan kualitas Layanan SAPA 129
5. Sosialisasi dan promosi Layanan SAPA 129, dan lainnya
Dalam memberikan informasi dan bantuan kepada nasabah dan masyarakat, BCA selama ini telah memiliki layanan call center bernama Halo BCA yang dapat diakses setiap saat. Per harinya, layanan Halo BCA dapat menerima ratusan ribu kontak dari nasabah melalui panggilan telepon, media sosial, maupun chat di aplikasi haloBCA. Pengetahuan dan pengalaman dari pengelolaan Halo BCA akan menjadi salah satu acuan untuk mengembangkan Layanan SAPA 129 menjadi pusat layanan pengaduan modern, mudah diakses, serta mampu memberikan solusi yang cepat dan andal bagi masyarakat.
Komitmen BCA dalam mendorong kesetaraan dan inklusivitas tidak hanya tercermin dalam kolaborasi ini, tetapi juga melalui berbagai inisiatif yang menjangkau kelompok rentan termasuk sahabat disabilitas. Salah satu wujudnya yaitu pada program “The Beauty of Disabilities: Make Up Class with BCA” di bawah payung Bakti BCA untuk membekali sahabat disabilitas dengan keterampilan tata rias profesional. BCA juga terus berupaya mewujudkan kesetaraan gender di lingkungan kerja dengan meningkatkan peran perempuan di level manajer senior dan direktur. Komitmen ini tercermin dari komposisi pekerja perempuan di BCA yang mencapai 61,1% dari total tenaga kerja pada 2024.
Baca Juga: Ide Kencan Ganda Seru Bareng Pasangan dan Sahabat, Tertarik?
Selanjutnya: Pengendali Jual 1,04 Miliar Saham Sejahteraraya Anugrahjaya (SRAJ)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News