Santai

Barista dan F&B Enthusiast Diajak Tunjukkan Bakat Lewat Barista Innovation Challange

Barista dan F&B Enthusiast Diajak Tunjukkan Bakat Lewat Barista Innovation Challange

MOMSMONEY.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para barista dan food and beverage (F&B) enthusiast di seluruh Indonesia untuk menunjukkan bakatnya dalam meracik kopi melalui Barista Innovation Challenge 2024.

“Barista Innovation Challenge adalah kompetisi berstandar internasional. Dan untuk para barista dan F&B enthusiast ini wajib hukumnya untuk ikut berpartisipasi,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin (6/5).

Barista Innovation Challenge ini merupakan ajang kompetisi untuk para barista hingga para pelaku kopi dalam menunjukkan kemampuan membuat kreasi minuman kopi yang unik.

Kali ini, di tahun kelima penyelenggaraannya, kompetisi ini melebarkan jangkauan partisipan sehingga tidak hanya di buka untuk peserta asal Indonesia, melainkan peserta dari Malaysia dan Thailand.

Bagi yang ingin berpartisipasi, barista dan F&B enthusiast dapat mengirimkan konten video semenarik mungkin dalam meracik resep kopi andalan menggunakan bahan dasar biji kopi asli Indonesia. Periode pengiriman konten video ditutup pada 30 Juni 2024.

Baca Juga: HAUS Hadirkan Menu Baru Bareng Oatside

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam, mengatakan Kemenparekraf secara berkelanjutan mendukung Barista Innovation Challenge yang fokus utamanya pada mixology. 

Mixology merupakan seni untuk mencampurkan minuman dan para peserta harus membuat inovasi dalam setiap menu yang dibuat. 

Menurut Neil, dalam perjalanannya, banyak dari para peserta Barista Innovation Challenge menghasilkan sebuah produk yang berpotensi untuk dijadikan IP (intellectual property).

“Boleh jadi ini masuknya rahasia dapur yang pada akhirnya bisa ditawarkan ke restoran atau kafe ataupun mereka buka usaha sendiri,” kata Neil.

Sementara itu, Managing Director of Rasa Group, Sherley Ruslie, menjelaskan empat kriteria penilaian Barista Innovation Challenge yakni kreativitas di dalam membuat menu minuman, talent barista yang tidak hanya memahami teknik membuat kopi namun juga memahami bahan baku dan juga origin dari bahan yang digunakan.

Kemudian inovasi yang berkelanjutan, dan cara penyampaian cerita di balik bahan baku yang digunakan.

“Maka di Barista Innovation Challenge ini kami selalu merekomendasikan peserta untuk menggunakan kopi Indonesia dan juga bahan-bahan dari Indonesia,” kata Sherley.

Lebih lanjut, Brand Manager of DRiPP Flavour, Trisna Albona, menjelaskan bahwa tema yang diangkat pada Barista Innovation Challenge tahun ini yakni “A Heritage of Culture, Taste and Innovation”. Tema ini mewakili semangat untuk mempertahankan tidak hanya budaya Indonesia tapi juga memulai sebuah inovasi dengan menjangkau budaya budaya di negara Asia khususnya Malaysia dan Thailand.

“Melalui tema ini kami ingin mengajak teman-teman di industri kopi untuk mengeksplorasi budaya Indonesia ataupun budaya Asia yang memang kita invite kompetitor dari luar ke Indonesia,” ujar Trisna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News