Keluarga

Banyak Dikonsumsi, Inilah 6 Jenis Ikan Air Tawar Kegemaran Orang Indonesia

Banyak Dikonsumsi, Inilah 6 Jenis Ikan Air Tawar Kegemaran Orang Indonesia

MOMSMONEY.ID - Tak kalah dari ikan laut, jenis ikan air tawar juga memiliki kandungan gizi tinggi dan sangat disukai masyarakat Indonesia, loh.

Bukan hanya karena keberadaannya yang mudah untuk dibudidayakan, jenis ikan air tawar berikut ini sangat sering dikonsumsi dan memiliki rasa yang lezat.

Apa sajakah jenis ikan air tawar kegemaran orang Indonesia? Melansir dari Sasa.co.id & Kompas.com, selengkapnya.

Ikan lele

Ikan lele

Ikan lele jadi jenis ikan tawar paling populer dan jadi kegemaran orang Indonesia. Menu ikan lele tak cuma disajikan di pedagang kaki lima saja, tapi juga di restoran-restoran besar.

Baca Juga: Bikin Bayi Keracunan, 7 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Selama Menyusui

Ikan lele aman dikonsumsi ibu hamil karena kandungan merkurinya yang rendah.

Namun, pastikan ikan lele yang akan Anda konsumsi adalah jenis ikan yang diberi pakan berupa pakan ikan yang layak, dan bukan berasal dari tinja ataupun bangkai.

Ikan bawal

Melansir dari Kompas, ikan bawal merupakan jenis ikan tawar yang termasuk ke dalam golongan spesies asli Indonesia. Ikan ini mudah beradaptasi sehingga tak sulit dikembangbiakkan bahkan meski berada di luar negeri.

Kelebihan ikan bawal ialah dagingnya yang tebal karena memiliki ukuran badan yang juga besar, bercita rasa gurih ketika sudah dimasak, serta tak terlalu banyak duri.

Baca Juga: Baik untuk Otak, Ketahui 5 Jenis Ikan Laut yang Mengandung Gizi Paling Tinggi

Ikan patin

Tempoyak ikan patin khas Jambi

Ikan patin yang memiliki badan panjang dikenal sebagai jenis ikan air tawar yang membuat para pemilik usaha budidayanya menjadi untung.

Bagaimana tidak, ikan patin memiliki harga jual yang tinggi. Selain itu, ikan patin juga sering diolah menjadi aneka makanan di restoran-restoran besar.

Ikan kakap

Tak cuma bisa hidup di laut, ikan kakap bisa juga hidup di air tawar, loh. Meski begitu, rasa ikan kakap laut tak jauh berbeda dari jenis air tawar, yakni sama-sama gurih.

Ikan kakap sangat disukai masyarakat Indonesia karena merupakan sumber Omega-3 yang baik untuk otak.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengiris Daging Super Tipis untuk Masakan Jepang

Ikan bandeng

Resep Pindang Ikan Bandeng Saus Merah

Jenis ikan air tawar lainnya yang jadi favorit masyarakat Indonesia ialah ikan bandeng. Ikan bandeng kerap kali diolah menjadi berbagai macam masakan, terutama pepes.

Salah satu keunggulan ikan bandeng karena dagingnya yang tak mudah hancur, sehingga masih sangat baik bahkan meski dimasak hingga berjam-jam lamanya.

Sayangnya, ikan bandeng memiliki duri yang sangat banyak dan kecil-kecil, sehingga pilihan terbaik memasaknya ialah dengan dipresto agar durinya dapat dimakan.

Baca Juga: Resep Ikan Mas Chili Bean Sauce, Sajian Ikan Berkuah Pedas yang Bikin Ngiler

Ikan mas

Resep Ikan Mas Chili Bean Sauce

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling sering dibudidayakan. Ikan ini memiliki banyak kandungan gizi seperti fosfor, protein, dan kalsium yang baik untuk tubuh.

Ikan mas paling sering disantap dengan cara digoreng dan dinikmati hangat-hangat bersama nasi putih, tempe goreng, dan sambal rawit yang pedas.

Jadi itulah deretan jenis ikan air tawar yang paling digemari masyarakat Indonesia sebagai ikan yang dapat dikonsumsi. Sudahkah Anda mencoba semua jenis ikan di atas?

Selanjutnya: 6 Cara Mudah Cek Nomor BPJS Kesehatan, Lewat Mobile JKN dan WhatsApp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News