Keluarga

Atasi Perut Buncit hingga Selulit, 5 Manfaat Squat untuk Wanita yang Harus Moms Tahu

Atasi Perut Buncit hingga Selulit, 5 Manfaat Squat untuk Wanita yang Harus Moms Tahu

MOMSMONEY.ID - Kali ini, MomsMoney akan membagikan informasi tentang 5 manfaat squat untuk wanita. Yuk, simak sampai akhir.

Squat termasuk latihan fisik yang mudah dilakukan kapan pun dan di mana pun. Squat juga tergolong mudah untuk dilakukan oleh siapa pun, tidak terkecuali oleh wanita.

Bagi wanita, rutin melakukan squat ternyata menyimpan beragam manfaat yang luar biasa lho Moms.

Selengkapnya, berikut beberapa manfaat squat untuk wanita yang harus Moms tahu, dirangkum dari laman Regained Wellness:

Baca Juga: 4 Rekomendasi Cleansing Balm untuk Kulit Berjerawat dari Merek Lokal

1. Memperkuat lutut

Manfaat squat untuk wanita yang pertama yaitu memperkuat lutut. Lutut merupakan sendi yang memiliki suplai darah yang sangat buruk, sehingga dapat menyebabkan kurangnya oksigen ke tulang rawan sendi dan memperlambat proses pembaruan tulang rawan.

Jika dibiarkan, hal tersebut bisa memicu penumpukan produk limbah dan pada akhirnya menyebabkan peradangan sendi yang merupakan tahap pertama dari arthritis.

Dengan melakukan squat secara teratur, itu dapat memperkuat otot-otot di sekitar lutut untuk membantu mencegah kerusakan tulang rawan dan mengurangi risiko terkena arthritis.

Plus, squat juga dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar pergelangan kaki sekaligus mengurangi risiko cedera.

2. Mengecilkan perut

Manfaat squat untuk wanita yang kedua yaitu mengecilkan perut. Selain membantu mengencangkan bokong, squat juga bagus untuk meningkatkan pembakaran kalori secara keseluruhan, membantu membakar lemak, serta menurunkan berat badan.

Ini karena squat akan melatih kelompok otot terbesar di tubuh, yang berarti Anda dapat meningkatkan pengeluaran energi selama berjam-jam setelah selesai berolahraga.

Squat juga efektif untuk mengecilkan perut buncit yang sering kali dianggap mengganggu oleh kaum Hawa. Pasalnya, saat Anda melakukan squat, tubuh tidak punya pilihan selain melatih otot-otot besar di bokong dan paha belakang.

Alhasil, perut pun cenderung menjadi kencang dan rata usai melakukan squat.

3. Melatih tubuh bagian bawah

Manfaat squat untuk wanita yang ketiga yaitu melatih tubuh bagian bawah. Squat adalah latihan seluruh tubuh yang dapat membantu memperkuat seluruh tubuh bagian bawah.

Itu artinya, squat mampu mengencangkan sekaligus membentuk kaki, bokong, dan paha depan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, squat juga dapat membantu memperkuat pergelangan kaki. Sehingga, risiko cedera akan berkurang dan keseimbangan pun akan meningkat.

Yang tak kalah penting, squat mampu meningkatkan kelenturan pinggul sehingga bisa sekaligus membantu memperbaiki postur tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Olahraga Bowling Buat Kesehatan, Bisa Lepas Stres Juga

4. Mengurangi selulit

Manfaat squat untuk wanita yang keempat yaitu mengurangi selulit. Selulit kerap menjadi masalah bagi banyak wanita.

Dikenal juga sebagai stretch mark, selulit cenderung muncul pada wanita yang mengalami penambahan berat badan di sekitar pinggul dan paha dibandingkan pria.

Ketika berat badan wanita bertambah, sering kali hal itu terjadi dalam bentuk lemak yang disimpan pada sel lemak di paha, bokong, dan pinggul.

Jika Anda adalah salah satu dari banyak wanita yang ingin mengurangi tampilan selulit, squat bisa menjadi cara yang sangat membantu.

5. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat squat untuk wanita yang kelima yaitu memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh yang baik akan meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan tentu saja kepercayaan diri.

Nah, untuk membantu memperbaiki postur tubuh, Anda bisa melakukan squat secara teratur. Squat mampu membantu memperbaiki postur tubuh dengan meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas dan inti.

Tatkala Anda melakukan squat, Anda harus menjaga otot inti dan dada tetap tinggi. Pada gilirannya, ini akan membantu menyelaraskan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh Anda. Plus, membuat Anda terlihat lebih tinggi saat berdiri.

Demikian 5 manfaat squat untuk wanita yang harus Moms tahu. Menarik sekali, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News