Bugar

Astra dan Halodoc Terus Berkolaborasi, Industri Kesehatan Digital Makin Bertumbuh

Astra dan Halodoc Terus Berkolaborasi, Industri Kesehatan Digital Makin Bertumbuh

MOMSMONEY.ID - PT Astra International Tbk (ASTRA) lewat anak usahanya PT Astra Digital Internasional berinvestasi di platform eksosistem kesehatan digital Halodoc. Dengan kolaborasi ini diharapkan dapat memberi solusi inovatif dalam industri kesehatan dan juga pertumbuhan ekonomi digital. 

Pandemi COVID-19 secara tidak langsung mendorong masyarakat menggunakan layanan telemedik misalnya konsultasi medis secara online. Berdasarkan data dari Aliansi Telemedik Indonesia (Atensi) terdapat kurang lebih 17,9 juta aktivitas konsultasi kesehatan yang berasal dari 19 perusahaan telemedisin pada tahun 2022 lalu.

Melalui pendanaan seri D ini, Halodoc mendapatkan total dana investasi sebesar US$100 juta. Astra memimpin partisipasi dalam pendanaan tersebut, sehingga total investasi Astra setelah pendanaan seri D ini mencapai US$135 juta. Sinergi antara Astra dan Halodoc diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap industri kesehatan serta pertumbuhan ekonomi digital tanah air.

Baca Juga: Jangkau Kesehatan Masyarakat, Haleon dan Halodoc Hadirkan Panadol Klinik Cekatan

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengungkapkan dengan tingginya permintaan terhadap layanan akses kesehatan yang berkualitas mendorongmeningkatnya adopsi teknologi digital pada layanan kesehatan.

"Astra menilai sektor kesehatan di Indonesia memiliki prospek pertumbuhan yang baik dalam jangka panjang. Hal ini turut didukung oleh upaya-upaya pemerintah memajukan sektor layanan kesehatan di tanah air. Kami berharap, investasi Astra pada Halodoc dapat mempercepat transformasi layanan kesehatan di Indonesia yang semakin inovatif, menjangkau masyarakat luas dan berkualitas," katanya. 

CEO & Co-Founder of Halodoc Jonathan Sudharta menambahkan saat ini menjadi tantangan bagi layanan telemedicine adalah memenuhi permintaan yang terus meningkat terhadap akses layanan kesehatan yang berkualitas di Indonesia. Adapun fokus dari Halodoc adalah masalah kesehatan yang dialami oleh para pengguna kami - untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, Halodoc menyederhanakan akses kesehatan.

Sejak diluncurkan pada tahun 2016, Halodoc telah memungkinkan masyarakat mengakses ke lebih dari 20.000 praktisi medis, 3.300 rumah sakit, dan 4.900 apotek. Pada tahun 2022, lebih dari 20 juta pengguna aktif bulanan terhubung dengan platform Halodoc. Halodoc memberikan layanan kesehatan yang terintergasi dari telemedisin dengan dokter terdaftar, pemesanan obat yang terpercaya, reservasi layanan diagnosa lab, reservasi kunjungan dengan dokter di rumah sakit hingga pengurusan asuransi, pembayaran dan administrasi pihak ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News