MOMSMONEY.ID - PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) yang dulu dikenal dengan nama Ace Hardware Indonesia, membukukan kinerja penjualan yang ciamik di kuartal I-2025.
Aspirasi Hidup Indonesia atau AHI menyebutkan, pertumbuhan positif ini didorong oleh peluncuran merek AZKO menggantikan Ace Hardware. Selain itu, kinerja Januari-Maret lalu ikut didorong aktivitas belanja selama periode Ramadan dan Lebaran, serta kontribusi kinerja Same Store Sales Growth (SSSG) yang tetap solid.
Pada kuartal pertama 2025, Perusahaan membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 7,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp2,14 triliun. Pencapaian ini turut ditopang SSSG sebesar 2,2%.
AHI hadir di berbagai kota di Indonesia dengan menaungi merek seperti AZKO, ATARU dan Pendopo, serta Toys Kingdom sebagai merek dari anak usaha perusahaan. Ada juga omnichannel melalui ruparupa.
Namun, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat mengalami penurunan sekitar 30% dari Rp 204,82 miliar pada kuartal pertama 2024 menjadi Rp 141,60 miliar.
Penurunan ini sudah diperkirakan manajemen sebelumnya, seiring dengan peningkatan biaya operasional yang disebabkan oleh pergeseran waktu pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idulfitri tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya yang jatuh pada Kuartal II. Perusahaan juga mencatat kenaikan pada biaya iklan dan promosi untuk kegiatan rebranding AZKO, yang resmi dipakai per 1 Januari 2025.
Gregory S. Widjaja, Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk melihat respons positif dari pelanggan terhadap peluncuran merek AZKO, yang menjadi tonggak penting setelah 30 tahun melayani. Antusiasme pelanggan juga tercermin dari sambutan yang baik di setiap pembukaan toko baru di berbagai kota.
Dengan strategi yang mengedepankan relevansi terhadap kebutuhan pelanggan, perluasan jangkauan, serta penguatan pengalaman belanja yang seamless dan terintegrasi, AHI yakin berada di jalur yang tepat untuk terus tumbuh secara berkelanjutan.
"Di sisa sembilan bulan tahun 2025 ini, berbagai inisiatif telah kami siapkan untuk memperkuat kapabilitas operasional sekaligus memperluas dampak positif, baik dari sisi bisnis maupun sosial,” ujar Gregory.
Ekspansi 2025
Untuk tahun penuh 2025, AHI yang merupakan unit bisnis dari Kawan Lama Group, telah menetapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 250 miliar – 300 miliar, dengan realisasi capex yang tercatat hingga akhir bulan Maret 2025 sebesar Rp 43,55 miliar.
Alokasi ini difokuskan untuk mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan melalui ekspansi pembukaan 25 hingga 30 toko baru di berbagai wilayah Indonesia, serta inovasi konsep toko yang lebih solutif, inspiratif, dan berorientasi pada pelanggan.
Sejalan dengan strategi ekspansi yang telah ditetapkan, sepanjang kuartal pertama 2025, Perusahaan membuka empat toko AZKO di berbagai wilayah baru, termasuk kawasan Indonesia paling timur, Abepura, Papua, dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
Bersamaan dengan langkah ini, Perusahaan juga menjalankan program AZKO Berbagi Cahaya sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan, dengan mendukung efisiensi energi melalui pemberian Lampu LED KRISBOW Hemat Energi di dua rumah ibadah terbesar di Abepura, yakni Gereja GKI Tanah Papua PNIEL dan Masjid Agung As-Sholihin.
Program ini mencerminkan kontribusi nyata bagi komunitas sekaligus mendukung pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan. Selain itu, Perusahaan juga menghitung serapan karbon lebih dari 4.000 pohon yang telah ditanam di berbagai area menggunakan metode alometrik, dengan hasil serapan mencapai 1.539 ton CO₂eq.
Inisiatif ini mencerminkan komitmen Perusahaan dalam menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), yang secara bertahap area serapan karbon akan diperluas guna menghasilkan dampak lingkungan yang nyata dan berkelanjutan.
Ke depan, Perusahaan juga akan terus memperkuat posisinya di industri ritel Indonesia melalui pengembangan portofolio produk dari 52 home brands yang telah dikenal dekat dengan pelanggan, seperti KRISBOW, KRIS, KLAZ, STORA, SOLEIL, dan lainnya.
Perusahaan juga akan mengoptimalkan layanan omnichannel melalui aplikasi ruparupa sebagai wujud “the future of retail”, serta menghadirkan solusi kebutuhan rumah dan hidup dari A sampai Z dengan layanan komprehensif dan ide-ide kolaboratif.
"Dengan semangat #DariSiniBisaLebih, AHI berkomitmen untuk terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan, serta mendorong terciptanya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan pendekatan yang adaptif dan terukur," ujar Gregory.
Selanjutnya: Pantau Tingkat Kurs Dollar-Rupiah di BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri Hari Jumat (2/5)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News