Keluarga

Asah Keterampilan Anak, CuriooKids Hadirkan Layanan Pendidikan

Asah Keterampilan Anak, CuriooKids Hadirkan Layanan Pendidikan

MOMSMONEY.ID - Laporan World Economic Forum: “The Future of Jobs” menyatakan bahwa 65% dari anak-anak yang lahir di sekarang akan menghadapi tantangan di mana pekerjaan-pekerjaan di masa mendatang kemungkinan besar adalah pekerjaan-pekerjaan yang belum ada saat ini. Melihat hal ini CURIOOkids hadir untuk membantu mengasah potensi anak-anak Indonesia secara optimal dengan membangun berbagai keterampilan, pola berpikir dan learning behaviour, yang nantinya dapat digunakan mereka untuk menghadapi tantangan-tantangan di masa datang.

Paul Blackstone, Global CEO and Founder CURIOOkids mengatakan tantangan masa depan yang akan anak-anak hadapi nanti penuh dengan ketidakpastian. Mengantisipasi itu, anak-anak perlu disiapkan untuk menemukan potensi diri mereka, dengan mengembangkan learning behaviour, agar nantinya mampu membangun masa depan yang sukses.

"Demi mewujudkan itu, pendampingan kepada anak-anak harus dilakukan sekarang! Tak bisa ditunda lagi," kata Paul.

Target CURIOOkids kata Paul adalah anak-anak berusia dari 4 tahun sampai 12 tahun. Ada 4 filosofi yang dianut oleh CURIOOkids. Pertama, setiap anak itu unik yang memiliki talenta masing-masing. Kedua, setiap anak membutuhkan perkembangan learning behaviour yang spesifik, tidak bisa disama-ratakan.

Ketiga, penggunaan Bahasa Inggris membuka ‘pintu’ untuk anak-anak supaya dapat berkomunikasi lebih luas secara efektif di dunia nyata. Keempat, materi pengajaran yang bertujuan untuk mempersiapkan anak-anak agar dapat berhasil secara akademis dan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Kanmo Group Hadirkan Mothercare dan Early Learning Center di Tangerang

Kish Gill, President Director CURIOOkids Indonesia menekankan CURIOOkids percaya bahwa learning behavior menjadi kunci krusial agar anak mampu bertahan, dan bahkan sukses menjalani situasi zaman yang terus berubah. Learning behavior tersebut dikembangkan oleh CURIOOkids dengan memberikan pendampingan kepada anak-anak dalam mengasah hard skill dan soft skill mereka, antara lain dalam kecakapan berbahasa, penggunakan teknologi digital, pemikiran kreatif, kolaborasi tim, pemecahan masalah, dan berpikir secara kritis.

Kurikulum komprehensif CURIOOkids Indonesia sendir kata Kish berfokus pada empat subjek pelajaran utama. Yaitu Desain Kreatif, Teknologi, Wirausahawan; dan, Komunikasi (Bahasa Inggris). Keempatnya merupakan hard skills penting untuk membentuk fondasi yang menunjang perkembangan anak-anak.

Selain itu, Kish bilang CURIOOkids juga mengusung empat metode untuk membangun soft skills anak-anak dalam berkembang, yang antara lain Cross-Curricular Learning, Project- Based Learning, Experiential Learning, dan, Inquiry-Based Learning.

“Anak-anak yang lebih aktif dan dominan berbicara dibanding para pengajarnya dapat mendorong anak-anak untuk lebih kritis mengajukan lebih banyak pertanyaan agar mereka menciptakan proyek sendiri, bahkan lambat laun anak-anak dapat menyelesaikan masalah yang muncul secara mandiri," sebut Kish.

Baca Juga: Yuk Eksplor Dunia One Piece Lewat The Great Era of Piracy

Samanta Elsener, psikolog anak dan keluarga menyampaikan pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik pada anak untuk menemukan potensi, mengembangkan learning behaviour, dan mengasah keterampilan esensial sangatlah penting.

Motivasi intrinsik kata Samantha juga tak kalah berpengaruh. Orangtua harus memperhatikan faktor intrinsik seperti kebutuhan dasar psikologis: perasaan kompeten, otonomi dan regulasi diri. "Ketiganya saling mempengaruhi dalam mendorong anak-anak untuk melakukan sesuatu. Ketika anak-anak merasa memiliki kendali atas pembelajaran dan perkembangan mereka, mereka lebih cenderung menjadi aktif, antusias, dan fokus mencapai tujuan," kata Samantha.

Studio pertama CURIOOkids Indonesia sendiri dibuka di Bintaro, Tangerang Selatan. Studio ini merupakan bagian dari jaringan CURIOOkids global yang sudah tersebar di 7 negara lainnya yaitu Jepang, China, Hong Kong, Thailand, Malaysia, Vietnam dan Oman. CURIOOkids telah berada di lebih dari 40 titik lokasi di 8 negara dan telah mempunyai lebih dari 6.000 anak-anak pelajar sejak tahun 2020.

Baca Juga: Jadi Muklas di Budi Pekerti, Ini Daftar 6 Film Populer Angga Yunanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News