Santai

Apa Sih Emotional Numbness Itu? Kenali Juga 6 Tandanya di Sini

Apa Sih Emotional Numbness Itu? Kenali Juga 6 Tandanya di Sini

MOMSMONEY.ID - Pernah merasa kehilangn minat pada satu hal yang disukai? Bisa jadi Anda mengalami emotional numbness. Cek tandanya di artikel ini.

Istilah emotional numbness merupakan istilah yang kerap digunakan untuk menjelaskan kondisi di mana seseorang tidak menunjukkan atau merasakan emosi pada suatu hal.

Emotional numbness dikenal juga sebagai emosi yang hanya bersifat sementara dan biasanya disebabkan karena kondisi mental yang tidak stabil.

Seperti depresi, stres, dan Post-traumatic stress disorder (PTSD) yang kemudian dijadikan sebagai tameng perlindungan untuk menjaga diri dan perasaan sendiri.

Bagi yang sudah penasaran, langsung cek beberapa tanda seseorang sedang berada dalam kondisi emotional numbness.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum Ada 7 Manfaat Berciuman dengan Pasangan lo, Cek Di Sini ya

Kehilangan minat

Melansir dari laman Very Well Mind, salah satu tanda yang menunjukkan emotional numbness adalah kehilangan minat untuk melakukan hal-hal yang dulu disukai.

Biasanya keinginan untuk tidak ingin melakukan hobi atau melakukan aktivitas yang dulu dinikmati menjadi semakin menghilang saat berada dalam kondisi ini.

Merasa sulit mengenali diri

Kesulitan untuk mengenali diri dan emosi yang dirasakan juga bisa menjadi sebuah tanda seseorang mengalami emotional numbness.

Hal itu dipicu karena seseorang kesulitan untuk mengakses emosi tersebut membuat mereka merasa jauh dari orang lain bahkan diri sendiri. Akhirnya, perasaan emosi positif pun juga sulit untuk dirasakan oleh orang-orang dengan emotional numbness.

Baca Juga: Perempuan Wajib Tahu 5 Cara Jaga Daerah Intim biar Jauh dari Penyakit

Tidak mampu berpartisipasi penuh

Orang-orang yang sedang berada dalam kondisi emotional numbness biasanya memiliki kesulitan untuk berpartisipasi penuh dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan.

Mereka akan mudah kehilangan minat karena tidak mampu mengekspresikan diri mereka secara penuh pada hal-hal yang mereka lakukan.

Merasa seperti orang ketiga

Seseorang yang berada pada kondisi emotional numbness biasa melihat diri mereka sebagai orang ketiga daripada berperan merasakan atau mengalami sagala hal dalam kehidupan secara langsung.

Sehingga perasaan dan emosi menjadi kosong dan susah untuk diekspresikan.

Baca Juga: 4 Fakta Psikologis tentang Cinta, Sering Terjadi saat Jatuh Cinta lo

Merasa flat

Perasaan biasa saja atau flat juga kerap dirasakan siapa pun yang berada pada kondisi ini.

Orang-orang dengan emotional numbness tidak dapat dengan mudah untuk merasakan sensasi suatu perasaan baik secara emosional dan fisik.

Sehingga mereka kerap merasa bahwa semua hal flat atau biasa saja.

Merasa ada jarak

Melansir dari laman Greatist, orang-orang dengan emotional numbness kerap merasa adanya jarak antara pikiran dan perasaan mereka sendiri.

Karena jarak yang tidak tampak tersebut membuat mereka merasa kesulitan untuk bereaksi dengan orang-orang yang berada di sekitar mereka.

Apakah Anda pernah mengalami beberapa tanda dari emotional numbness tersebut? Mulai cari tahu juga penyebabnya agar tidak berlarut-larut, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News