Santai

Apa Itu Vitiligo? Bahaya Enggak Sih? Cari Tahu Penyebab dan Cirinya di Sini

Apa Itu Vitiligo? Bahaya Enggak Sih? Cari Tahu Penyebab dan Cirinya di Sini

MOMSMONEY.ID - Tengah jadi salah satu gangguan kulit yang banyak diperbincangkan, kenalan dengan vitiligo, yuk.

Vitiligo tengah jadi salah satu penyakit kulit yang banyak diperbincangkan di sosial media saat ini. Hingga kemudian membuat orang-orang penasaran dengan penyakit ini.

Lalu apa sih sebenarnya penyakit vitiligo ini? Simak penjelasan singkat mengenai penyebab dan ciri-cirinya berikut ini.

Baca Juga: Sering Dihiraukan, Ternyata 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Payudara Kendur

Apa itu vitiligo?

Secara umum vitiligo adalah sebuah penyakit kulit yang membuat kulit kehilangan warna pada beberapa bagian kulit secara random. Perubahan warna ini bisa menyebar dan membesar hingga membentuk pola pada kulit seiring berjalannya waktu.

Tampilan kulit yang memiliki warna lebih cerah dibanding warna kulit di bagian lainnya adalah bentuk dari vitiligo. Kondisi vitiligo ini tak hanya bisa mempengaruhi kulit saja, bagian rambut hingga bagian dalam mulut juga bisa terpengaruh.

Apa penyebab vitiligo?

Bagian warna kulit dan rambut ditentukan oleh fungsi melanin dalam tubuh. Laman Mayo Clinic menjelaskan bahwa jika melanin dalam tubuh berhenti berfungsi, maka vitiligo pun bisa terbentuk.

Belum jelas apa yang membuat pigmen kulit tidak berfungsi. Namun ada beberapa kondisi yang bisa mendukungnya. Seperti kondisi autoimun, keturunan, dan penyebab eksternal lain seperti terekspos bahan-bahan kimia atau pun terbakar.

Baca Juga: Bikin Awet Muda, Ini 4 Kebiasaan Makan untuk Memperlambat Penuaan

Apa ciri vitiligo?

Ciri utama dari vitiligo adalah terbentuknya beberapa bagian kulit dengan warna yang lebih pucat di beberapa bagian.

Melansir laman Everyday Health, pola tambalan ini akan muncul pertama kali pada bagian tubuh atau kulit yang banyak terekspos sinar matahari.  Seperti di area wajah, tangan, lengan, hingga bagian kaki.

Ciri lain dari vitiligo yang perlu diperhatikan juga adalah munculnya uban secara prematur, warna alis dan bulu mata yang berubah menjadi putih, hingga munculnya perubahan warna di kulit bagian hidung dan mulut.

Adakah efek samping komplikasi vitiligo?

Walaupun bukan penyakit kulit yang berbahaya dan mematikan, namun ada juga beberapa kondisi yang fungsinya akan berkurang ketika terserang vitiligo.

Kulit menjadi mudah terbakar, gangguan penglihatan, dan berkurangnya pendengaran adalah beberapa efek yang mungkin muncul pada beberapa orang dengan vitiligo.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Berhubungan dengan Struktur Kulit, Harus Tahu!

Tetapi, efek samping yang paling berpengaruh adalah karena mengalami stres secara sosial dan psikis lantaran kurangnya rasa percaya diri dengan bentuk dan warna kulit tidak merata.

Apakah vitiligo bisa disembuhkan?

Sayang sekali, vitiligo adalah salah satu penyakit kulit yang hingga kini belum bisa disembuhkan.

Meski ada beberapa obat dan pengobatan yang bisa digunakan untuk mengatasi vitiligo, namun efektivitasnya bergantung pada masing-masing individu dan seberapa parah kondisi vitiligo yang dialami.

Dalam jumlah yang kecil dan sedikit, vitiligo bisa diatasi dengan terapi laser untuk mengembalikan pigmen warna kulit.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat tentang vitiligo dari mulai penyebab hingga cirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News