Santai

Apa itu RCS di iPhone? Bisa Kirim Chat dari Android ke iPhone Tanpa Pulsa SMS

Apa itu RCS di iPhone? Bisa Kirim Chat dari Android ke iPhone Tanpa Pulsa SMS

MOMSMONEY.ID - Apple mengumumkan bahwa mereka akan menerapkan protokol perpesanan RCS (Rich Communication Services). Namun, apa itu RCS di iPhone?

Perlu diketahui, RCS sebelumnya telah diterapkan oleh Android untuk mengirim pesan tanpa dikenakan pulsa. Lalu, apa itu RCS di iPhone?

Menurut pernyataan yang diberikan kepada 9to5Mac oleh juru bicara Apple, mengintegrasikan RCS akan memungkinkan interoperabilitas yang lebih baik di berbagai platform.

Meskipun keputusan Apple untuk mendukung RCS terjadi di tengah tekanan dari regulator, hal ini membawa kelegaan yang signifikan bagi pengguna yang menghadapi tantangan berkirim pesan antara perangkat Android dan iOS.

Baca Juga: Ingin Mengembalikan DM Instagram yang Sudah Dihapus? Begini Caranya

Sejauh ini, pendekatan konvensional untuk berkomunikasi antara iPhone dan perangkat Android mengandalkan SMS atau MMS, yang memiliki beberapa kelemahan yang ingin diselesaikan oleh protokol RCS. 

Sebagai permulaan, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari tanda terima telah dibaca, indikator pengetikan, transfer media berkualitas tinggi, dan kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan melalui data seluler atau Wi-Fi, di antara peningkatan lainnya.

Meskipun RCS saat ini tidak memiliki enkripsi ujung ke ujung, tidak seperti iMessage, Apple telah menyatakan komitmennya untuk berkolaborasi dengan GSMA untuk meningkatkan fitur keamanan protokol.

Perlu dicatat bahwa perdebatan antara gelembung hijau dan gelembung biru akan terus berlanjut, karena iMessage akan tetap menjadi cara utama untuk berkomunikasi dengan pengguna Apple lainnya. 

RCS diharapkan berfungsi sebagai opsi default untuk perpesanan lintas platform sekaligus beroperasi bersama SMS dan MMS, yang menurut Apple akan tersedia sebagai cadangan bila diperlukan. Teks RCS juga akan menggunakan gelembung hijau, sama seperti SMS.

Baca Juga: Cara Buat Stiker Pakai Foto di iPhone Tanpa Perlu Menggunakan Aplikasi Tambahan

Penerapan protokol pesan RCS tidak hanya akan mengantarkan era baru pesan dinamis namun juga memastikan interoperabilitas yang lebih baik. Saat integrasi RCS Apple diluncurkan pada tahun 2024, pengguna dapat menantikan pengalaman pengiriman pesan lintas platform yang lancar dan menyesuaikan dengan kebutuhan komunikasi mereka yang terus berkembang.

Cara Aktifkan Chat RCS

Berikut caranya :

1. Di perangkat Anda, buka Message. 

2. Ketuk Mulai > Berikutnya. 

3. Agar Message terus terhubung, ketuk Ya. 

Jika Anda tidak menonaktifkan chat RCS di Setelan agar berhenti mengirim dan menerima pesan RCS saat Anda mengeluarkan kartu SIM dari perangkat Anda, chat RCS dapat terus berfungsi hingga 14 hari.

Baca Juga: Cara Hapus Cache Youtube untuk Kosongkan Ruang Penyimpanan HP

1. Diperangkat Anda, buka Message. 

2. Di kanan atas, ketuk ikon atau foto profil Anda > Setelan pesan. 

3. Ketuk Chat RCS. 

4. Aktifkan atau nonaktifkan chat RCS. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai apa itu RCS di iPhone. Anda harus menunggu fitur tersebut dirilis pada tahun 2024. Tertarik mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News