Santai

Apa Itu Film F-Rated? Berikut Penjelasan dan Sejarah Singkatnya

Apa Itu Film F-Rated? Berikut Penjelasan dan Sejarah Singkatnya

MOMSMONEY.ID - Sering muncul dalam dunia perfilman, tapi apakah Anda tahu apa itu film F-rated?

Penggemar film tentu sudah pernah membaca istilah F-rated dalam dunia film. Namun tak banyak yang mengetahui apa itu istilah film F-rated.

Istilah F-rated dalam sejarahnya merupakan istilah yang pertama kali dikenalkan pada Bath Film Festival di tahun 2014.

Wikipedia menjelaskan bahwa F-rated film adalah film yang memiliki fokus pada perempuan, baik di depan layar maupun di balik layar.

Jadi, bisa disimpulkan F-rated merupakan film yang disutradarai oleh perempuan, ditulis oleh perempuan, dan dibintangi oleh beberapa pemeran perempuan.

Baca Juga: Simak 4 Rekomendasi Film Kategori F-Rated, Populer Semua

Cerita yang diangkat dalam film-film F-rated pun merupakan kisah atau isu yang biasanya sering dialami oleh perempuan.

Sejak diperkenalkan dalam Bath Film Festival, F-rated kemudian juga diadaptasi pada website penilaian film IMDb.

Di mana rating ini merupakan sistem klasifikasi feminis yang didesain untuk memberikan fokus pada film yang ditulis, disutradarai dan dibintangi perempuan.

Melansir dari laman The Guardian, pengembang rating film ini, yaitu Holly Tarquini, menyatakan niatnya membuat rating ini sebagai sarana untuk memberikan apresiasi dan support pada perempuan dalam dunia perfilman.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Film Bertema Persahabatan dari Tahun 90-an sampai 2000-an

Kurang lebih sebanyak 90 festival film yang menggunakan F-rating untuk memberikan apresiasi pada film yang dibuat oleh perempuan.

Bahkan ke depannya, Tarquini juga menyampaikan harapannya agar film-film F-rated lebih berkembang. Sehingga semakin banyak isu mengenai perempuan dan budaya yang bisa diketahui publik secara luas.

Aktris yang kerap kali didapuk untuk bermain dalam film F-rated adalah Jennifer Lawrence, Emma Thompson dan Merryl Streep. Aktris-aktris tersebut dinilai bisa menampilkan kesan perempuan yang kuat dan memotivasi perempuan lain diluar sana melalui film.

F-rated juga telah ada pada segala jenis genre film dari mulai action, fiksi, hingga animasi. Beberapa film yang terdaftar dalam F-rating di IMDb adalah Eternals, Little Women, Frozen, hingga Bridget Jone’s Baby.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang apa itu film F-rated dan sejarahnya dalam dunia perfilman. Semoga jadi makin tahu, ya.

Selanjutnya: Disebut Film Cewek, Apa Sih Film Chick Flick Itu? Ini Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News