Keluarga

Anti Rapuh dan Bercabang, Ini 5 Makanan yang Bisa Memperkuat Akar dan Batang Rambut

Anti Rapuh dan Bercabang, Ini 5 Makanan yang Bisa Memperkuat Akar dan Batang Rambut

MOMSMONEY.ID - Berikut ini makanan yang bisa memperkuat akar dan batang rambut Anda

Sebenarnya, apakah pola makan sehat dapat mempengaruhi kekuatan rambut? Mari kita simak jawabannya berikut ini.

Faktanya, pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dapat menghentikan rambut rontok, bercabang, dan rapuh.

Mengutip Times of India, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, lemak sehat, dan mineral bisa meningkatkan kilau alami & kekuatan rambut.

Kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin A, C, biotin, antioksidan, dan omega-3 juga mendukung upaya kesehatan kulit kepala, melembapkan, serta memperbaiki kerusakan oksidatif sehingga membuat rambut lebih kuat dan berkilau.

Baca Juga: Stop 7 Kebiasaan Buruk Ini yang Bikin Rambut Rontok dan Tipis

1. Buah berry

Buah berry seperti stroberi, blackberry, rasberi, hingga blueberry merupakan deretan buah sumber antioksidan yang mampu melindungi tubuh dan rambut dari kerusakan akibat radikal bebas, dikutip dari Good House Keeping. Buah tersebut juga dapat membantu produksi kolagen, lho!

2. Telur

Telur adalah makanan yang mengandung biotin. Biotin sendiri kerap kali disebut sebagai vitamin rambut yang merupakan kunci untuk mempertahankan rambut sehat & panjang, dikutip dari Try This And That.

Selain telur, Anda juga bisa mengonsumsi biotin melalui makanan lain seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan yang bikin rmbut tumbuh jadi kuat, tak mudah rapuh.

Baca Juga: 4 Warna Rambut Sesuai Kulit Orang Asia, Bikin Seger dan Pangling

3. Buah alpukat

Alpukat yang manis menjadi salah satu jenis makanan yang bisa perkuat rambut karena diperkaya dengan omega-9 yang menjaga lapisan atas kulit kepala agar tetap lembap dan terhidrasi.

Dilansir dari Jurlique, alpukat juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan rambut, membantunya agak tak mudah rapuh dan patah.

4. Chia Seed

Chia seed juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bisa membantu mengurangirisiko peradangan, melindungi kulit kepala dan kulit tubuh dari kerusakan akibat sinar matahari.

Baca Juga: Rawat Hair Extension Anda Pakai 4 Cara Ini Biar Awet

5. Makanan laut

Makanan laut, terutama ikan, merupakan salah satu makanan utama yang bisa memperkuat rambut dan kuku, karena ikan dapat mendorong produksi keratin.

Keratin ini dapat mengembalikan protein alami pada rambut sehingga rambut jadi tidak mudah kusut, lebih tebal, dan lebih berkilau.

Beberapa contoh jenis ikan yang bisa Anda konsumsi di antaranya seperti ikan salmon, tuna, ikan kembung, ikan hering, hingga kerang.

Itu dia deretan makanan yang bisa perkuat rambut dari dalam. Mulai sekarang, mari ubah pola makan Anda dan dapatkan rambut indah alami.

Selanjutnya: Sebanyak 235 SPBU Pertamina Tak Lagi Jual Pertalite, 7751 SPBU Masih Sediakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News