Santai

Android 15 Sudah Dirilis dan Ini Daftar Pengguna yang Mendapatkan Update

Android 15 Sudah Dirilis dan Ini Daftar Pengguna yang Mendapatkan Update

MOMSMONEY.ID - Beberapa pengguna Android telah mendapatkan pembaruan mengenai Android 15. Android 15 sekarang tersedia tetapi hanya beberapa pengguna yang dapat mengaksesnya. 

Android 15 telah resmi dirilis, tetapi belum tersedia untuk semua orang. 

Hingga saat ini, pembaruan tersebut utamanya dapat diakses oleh para pengembang dan pengguna yang terdaftar dalam program beta Android 15 QPR (Quarterly Platform Release). 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Fitur AI Apple di iPhone Series Lama Tanpa Harus Ganti HP

Google telah menyediakan kode sumbernya melalui Android Open Source Project (AOSP), yang memungkinkan para pengembang untuk mulai bekerja dengan platform baru tersebut.

Bagi pengguna umum, Android 15 akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang, dimulai dengan perangkat Pixel yang didukung.

Produsen lain, termasuk Samsung, Honor, iQOO, Lenovo, Motorola, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo, dan Xiaomi, juga akan menerima pembaruan dalam beberapa bulan berikutnya. 

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua perangkat dari merek ini akan segera mendapatkan pembaruan.

Fitur utama Android 15

Pembaruan Android 15 menghadirkan peningkatan signifikan dalam pengalaman media dan kamera, terutama pada tablet dan perangkat yang dapat dilipat, menurut blog Pengembang Android.

Dengan Android 15, pengembang memiliki kebebasan untuk membuat semua jenis aplikasi karena perangkat lunaknya bersifat sumber terbuka, yang berarti siapa pun dapat mengakses dan menggunakannya. 

Android 15 berfungsi baik dengan alat seperti Android Studio dan Jetpack Compose, yang merupakan program yang membantu pengembang mendesain dan membangun aplikasi. 

Baca Juga: Cara Melihat Video TikTok yang Sudah Ditonton Sebelumnya

Ini berarti mereka dapat membuat aplikasi yang berjalan lancar di berbagai perangkat Android, baik itu ponsel, tablet, atau yang lainnya. 

Selain itu, bagi mereka yang benar-benar tertarik dengan cara kerja Android di balik layar, kodenya tersedia untuk mereka pelajari lebih lanjut.

Android 15 menghadirkan beberapa penyempurnaan untuk meningkatkan pengalaman secara keseluruhan. Multitasking layar terpisah kini lebih efisien, dengan pengguna dapat menyimpan kombinasi aplikasi favorit mereka untuk akses cepat. 

Pembaruan ini juga meningkatkan dukungan untuk layar besar, sehingga memudahkan untuk beralih antar-aplikasi pada tablet dan perangkat yang dapat dilipat.

Baca Juga: Daftar HP Samsung yang Tidak Kebagian Android 15 Terbaru

Peningkatan penting lainnya adalah dukungan yang lebih baik untuk konten HDR dan SDR pada perangkat dengan tampilan campuran. 

Hal ini memastikan bahwa konten SDR tidak tampak pudar saat dilihat bersamaan dengan konten HDR. Android 15 juga memperkenalkan fitur audio dan kamera canggih, termasuk Low Light Boost untuk pratinjau gambar yang lebih baik dalam kondisi cahaya redup dan kontrol intensitas lampu kilat yang presisi.

Fitur Privasi dan Keamanan

Android 15 terus berfokus pada privasi dan keamanan pengguna. Pembaruan ini memperkenalkan fitur baru bernama Private Space, yang memungkinkan pengguna membuat ruang terpisah dan aman di perangkat mereka untuk aplikasi yang sensitif. 

Selain itu, Android 15 mendukung login dengan kunci sandi dan menambahkan mekanisme untuk mendeteksi saat aplikasi sedang direkam, yang membantu melindungi data pengguna.

Meskipun Android 15 kini tersedia melalui AOSP dan program beta QPR, pengguna umum harus menunggu peluncuran resmi, yang akan dimulai dengan perangkat Pixel yang didukung. 

Nah itulah informasi mengenai Android 15 sudah dirilis untuk beberapa pengguna tertentu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News