AturUang

Anak Anda Sering Diundang Ulang Tahun? Begini Tips Membeli Hadiahnya

Anak Anda Sering Diundang Ulang Tahun? Begini Tips Membeli Hadiahnya

MOMSMONEY.ID - Ketika anak sering diundang acara ulang tahun, sudah seharusnya orang tua menyiapkan anggaran untuk pengeluaran ini. 

Meski sebenarnya kado bukanlah hal yang wajib, Tita Gracia Yosheko, perencana keuangan Finansialku mengatakan tetap perlu keluarga Anda membuat anggaran untuk membeli kado atau hadiah ulang tahun tersebut.

Jadi, pembelian hadiah ini tidak akan mengganggu anggaran lain, katanya.

Misalnya dalam sebulan, Anda bisa mengalokasikan dana sebesar Rp 250.000 - 500.000 untuk pembelian kado ulang tahun. Tapi, besaran dana ini bukan hal yang wajib, tetapi harus disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Baca Juga: Tips Atur Keuangan Bagi Anda yang Gemar Koleksi Merchandise Artis

"Bisa juga Anda menyisihkan 3% - 5% atau maksimal 10% untuk keperluan kado ini," kata Tita.

Dirinya menambahkan dalam membeli kado, selain mempertimbangkan anggaran, ada baiknya juga kalau mempertimbangkan apakah kado tersebut bisa memberikan dampak positif untuk yang menerima. Tentu, sebagai pemberi, Anda berharap kado itu bisa memberi manfaat pada yang berulang tahun.

Jika dana ternyata kurang untuk membeli kado, Anda sebenarnya bisa mengajak rekan lain untuk patungan. Tita bilang cara ini juga bisa menjadi solusi memberikan kado yang bagus tanpa harus melebihi anggaran yang sudah dialokasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News