Santai

Amankah Kucing Makan Tikus? Simak Bahaya dan Cara Menghentikannya

Amankah Kucing Makan Tikus? Simak Bahaya dan Cara Menghentikannya

MOMSMONEY.ID - Sebuah hal umum yang sering didengar mengenai kucing makan tikus. Amankah kucing makan tikus? 

Tentu saja hal tersebut berbahaya untuk kucing. Kucing memiliki naluri berburu yang kuat, dan meskipun dijinakkan, kucing tetap merupakan predator. Dan tikus, meskipun menggemaskan, secara teknis adalah mangsa. 

Kucing makan tikus memiliki bahaya dan Anda sebagai pemilik kucing perlu menghentikannya. 

Hewan pengerat sering kali terinfeksi cacing gelang, dan memakan tikus dapat menyebabkan infeksi tersebut menular ke kucing Anda. 

Baca Juga: Begini Cara Menemukan Kucing yang Hilang, Simak Tips Mencari Menurut Ahli

Ada juga kemungkinan jika kucing Anda memakan lebih dari satu tikus yang telah terinfeksi racun atau umpan hewan pengerat, mereka mungkin akan mengalami reaksi buruk seperti pendarahan internal atau masalah serius lainnya. 

Mengutip Petsradar, tikus sering membawa parasit bernama Toxoplasma gondii yang menyebabkan toksoplasmosis pada manusia. 

Toksoplasmosis mungkin tidak menimbulkan gejala pada manusia jika mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena mampu melawan potensi penyakit yang disebabkan oleh parasit. 

Namun bagi wanita hamil dan orang lain dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, toksoplasmosis bisa sangat berbahaya. 

Jika Anda curiga atau yakin kucing Anda telah memakan tikus, awasi kucing Anda selama 24-48 jam. Waspadai tanda-tanda gangguan pencernaan seperti diare, muntah, atau kembung. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, hubungi dokter hewan. 

Cara Menghentikan Kucing Membunuh Tikus 

1. Beri Lonceng di Kerah Kucing

Jika Anda memiliki kucing luar ruangan atau hanya kucing dalam ruangan yang suka berburu, menambahkan lonceng di kerahnya akan membantu memperingatkan mangsa bahwa mereka sedang diburu. 

Baca Juga: Syarat Mudik Bawa Kucing Naik Kereta, Simak Perincian Biayanya

Kucing Anda tidak bisa mengintai tikus secara diam-diam jika tikus dapat mendengarnya!

2. Jangan Menarik Mangsa

Jauhkan sampah di sekitar tempat tinggal Anda agar tidak menarik perhatian tikus. Jika Anda khawatir dengan mangsa lain seperti burung, hilangkan tempat mandi burung dan tempat makan burung. 

3. Lebih Banyak Waktu Bermain

Kucing Anda mungkin berburu karena energinya yang banyak terpendam, jadi menambah waktu bermain dapat membantu mengatasi hal tersebut. 

Kucing Anda mungkin masih pergi ke luar dan berburu, tetapi jika mereka menangkap mangsa sebagai cara untuk menghibur diri, Anda dapat membantu mereka tetap terhibur dan semoga tikus tetap aman. 

4. Jangan Biarkan Kucing Keluar Rumah

Memelihara kucing di luar ruangan sudah menjadi pilihan sulit bagi pemiliknya, namun jika Anda ingin memastikan kucing Anda tidak menyerang apa pun di luar tembok, Anda mungkin ingin berhenti membiarkannya keluar rumah. 

Baca Juga: 4 Efek Buruk Makan Kecubung dan Bahaya Jangka Panjang saat Overdosis

Jika itu bukan pilihan, Anda dapat mendiktekan dan membatasi waktu mereka di luar dengan lebih jelas agar mereka tidak bertemu tikus. Tikus paling aktif antara senja dan fajar, jadi jagalah kucing di dalam rumah selama jam-jam tersebut. 

Ini mungkin tampak seperti klise kuno, tetapi kucing dan tikus tidak benar-benar akur, dan kucing memang memakan tikus dari waktu ke waktu.  Jangan panik jika kucing Anda membawa pulang bangkai tikus, buang saja dan awasi kucing Anda. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai amankah kucing makan tikus dan cara menghentikannya. 

Selanjutnya: Uji Coba Makan Siang Gratis Sudah Menyeluruh, Tim Prabowo Tegaskan Tak Pakai APBN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News