MOMSMONEY.ID - Airasia Move (yang sebelumnya dikenal sebagai airasia Superapp) membagikan tren wisatawan lintas Asia Tenggra. Ternyata, harga menjadi faktor penting dalam menentukan preferensi dan loyalitas pengguna aplikasi.
Chief Executive Officer airasia MOVE, Nadia Omer mengatakan bahwa pihaknya mengamati tren wisatawan sepanjang tahun selaras dengan komitmen airasia MOVE untuk menciptakan ekosistem perjalanan yang inklusif dan terjangkau bagi siapapun.
"Dengan memahami perilaku pengguna, kami semakin terdorong untuk terus berinovasi dan menyempurnakan airasia MOVE di tahun mendatang. Menciptakan komunitas yang dapat meningkatkan pengalaman perjalanan pengguna di dalam satu platform praktis, sembari menawarkan nilai terbaik yang dapat dinikmati oleh setiap orang," kata Nadia dalam siaran pers yang diterima MOMSMONEY, Senin (11/12).
Baca Juga: Airasia Superapp Berikan Rekomendasi Wisata di Hong Kong ala Warga Lokal
Adapun dari hasil pengamatan yang dilakukan Airasia Move, ditemukan beberapa hal penting. Pertama, pekan terakhir setiap bulan menjadi puncak periode pemesanan tiket pesawat.
Berdasarkan perilaku transaksi pengguna airasia MOVE, tanggal menuju gajian atau pekan terakhir di setiap bulan merupakan periode puncak pembelian tiket pesawat dari seluruh maskapai yang tersedia di dalam aplikasi.
Selama tahun 2023, airasia MOVE mencatat jumlah pemesanan tiket pesawat tertinggi pada sejumlah destinasi negara tetangga, seperti Kuala Lumpur dan Kota Kinabalu (Malaysia), Bangkok dan Chiang Mai (Thailand), serta Manila (Filipina). Setidaknya, terdapat lebih dari 30% pengguna aplikasi yang mencari penerbangan menuju rute tersebut.
Saat ini, aplikasi airasia MOVE menawarkan penerbangan dari AirAsia, maskapai berbiaya hemat terbaik di dunia, juga 700 maskapai global terkemuka lainnya, seperti Turkish Airlines, Etihad, ANA, KLM, Air Arabia, Air New Zealand, Citilink, Bangkok Airways, Royal Brunei, Vietnam Airlines, Jeju Air, dan masih banyak lagi.
Nadia menyampaikan bahwa pihaknya selalu memastikan harga terbaik kepada para pengguna. "Salah satunya melalui kehadiran promo bulanan terbesar ‘Superapp Super Sale’. Tersedia secara eksklusif hingga 17 Desember, Superapp Super Sale memberikan Diskon hingga 50% untuk pemesanan tiket pesawat, hotel, airasia ride, dan berbagai layanan lainnya, serta Bonus 3X airasia points," katanya.
Kedua, wisatawan memilih akomodasi dengan harga terbaik. Tercatat 74% pengguna airasia MOVE memilih akomodasi dengan kisaran harga Rp800 ribu hingga Rp1,3 juta.Sejumlah nama hotel yang menjadi pilihan utama para pengguna lintas Asia Tenggara, antara lain Resorts World Group, Ibis, dan Fave hotel.
Menariknya, mayoritas pemesanan hotel dilakukan sekitar 30 hari sebelum kedatangan, sementara pemesanan tiket pesawat dilakukan jauh sebelumnya.
Ketiga, optimalisasi harga terbaik dari program loyalitas menunjukan bahwa 2,3 miliar airasia points ditukarkan di 2023.
Di samping promo, pengguna airasia MOVE juga kerap memanfaatkan keuntungan dari program loyalitas airasia rewards untuk berhemat.
Hal ini tampak pada jumlah anggota airasia yang meningkat lebih dari 40% pada tahun 2023 dibandingkan 2022.
Berdasarkan akumulasi selama setahun, sebanyak 2,3 miliar airasia points telah ditukarkan untuk bertransaksi di seluruh ekosistem airasia MOVE.
"Memasuki tahun 2024, pengguna dapat menantikan pengalaman aplikasi yang lebih baik, beserta ragam produk menarik dan inovatif, seperti paket berlangganan penerbangan terbaru, promo yang lebih menguntungkan untuk tiket pesawat, hotel, dan lainnya," kata Nadia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News