Santai

AirAsia Buka Rute Jakarta ke Kamboja Mulai 19 April, Ini Jadwal dan Tarifnya

AirAsia Buka Rute Jakarta ke Kamboja Mulai 19 April, Ini Jadwal dan Tarifnya

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda yang ingin liburan ke Kamboja, Indonesia Airasia membuka rute penerbangan langsung ke Phnom Penh mulai 19 April 2023.

Untuk memperluas konektivitas di kawasan ASEAN, Indonesia Airasia membuka rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Phnom Penh, ibu kota Kamboja.

Rute tersebut saat ini menjadi satu-satunya penerbangan langsung Indonesia-Kamboja pasca pandemi. 

Dan, menandai komitmen Indonesia AirAsia untuk mendukung kerjasama Pemerintah Indonesia dan Kamboja dalam mempercepat pemulihan sektor pariwisata di kedua negara.

Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine mengatakan, pada awal 2022, Pemerintah Indonesia dan Kamboja menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) for Tourism Cooperation.

Baca Juga: AirAsia Terbang Langsung dari Jakarta ke Perth, Cek Jadwal Penerbangan

"Pembukaan rute Jakarta-Phnom Penh merupakan bukti nyata dukungan kuat Indonesia AirAsia terhadap aspirasi kedua negara untuk mempercepat pemulihan industri pariwisatanya sebagai bagian dari pemulihan ekonomi nasional, dengan fokus pada kerja sama konektivitas," ujar Veranita dalam keterangan tertulis, Senin (17/4).

Veranita menambahkan, konektivitas penerbangan ini juga hadir di waktu yang sempurna saat Kamboja bersiap menjadi tuan rumah SEA Games 2023 Kamboja pada 5-17 Mei 2023.

"Rute ini juga mendukung SEA Games Kamboja 2023 dengan menyediakan penerbangan langsung yang terjangkau bagi pecinta olahraga di Indonesia yang ingin menyaksikan pertandingan di ajang tersebut secara langsung," ujar dia.

Sekretariat Negara Penerbangan Sipil Kerajaan Kamboja Chea Aun menyebutkan, Pemerintah Kerajaan Kamboja telah menetapkan kebijakan untuk membuka penerbangan (open sky) dalam rangka menarik lebih banyak penerbangan langsung menuju dan dari Kerajaan Kamboja. 

Kebijakan tersebut untuk memfasilitasi wisatawan internasional untuk mengunjungi Kerajaan Kamboja.

Baca Juga: AirAsia Tambah Frekuensi Penerbangan Untuk Mudik Lebaran

Hal ini juga berkontribusi pada terciptanya lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat Kamboja dan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saya sangat yakin peluncuran penerbangan langsung reguler antara Jakarta dan Phnom Penh mendorong hubungan yang lebih erat di bidang perdagangan, budaya, dan people-to-people exchanges antara kedua negara kita," ungkapnya.

Sekadar informasi, rute baru Airasia dari Jakarta ke Phnom Penh dan sebaliknya akan dilayani oleh pesawat A320 berkapasitas 180 penumpang.

Durasi penerbangan sekitar tiga jam dengan empat frekuensi mingguan terbang dari Jakarta ke Phnom Penh setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Dari Phnom Penh ke Jakarta setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu, dengan tarif mulai dari US$ 80.

Baca Juga: AirAsia Terbang Langsung dari Jakarta ke Perth, Cek Jadwal Penerbangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News