Santai

Ada Libur Panjang di Bulan Juni, Ini 3 Pameran Seni yang Bisa Dikunjungi

Ada Libur Panjang di Bulan Juni, Ini 3 Pameran Seni yang Bisa Dikunjungi

MOMSMONEY.ID - Beberapa hari lagi masyarakat akan menikmati libur panjang Hari Raya Idul Fitri yang berlangsung tanggal 15-18 Juni. Di saat tersebut, tentu mengunjungi berbagai pameran jadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan.

Indonesian Heritage Agency (IHA) pun memberikan rekomendasi tiga pameran seni yang bisa dikunjungi bersama teman dan keluarga. Tak hanya menampilkan karya seni, pameran ini juga menawarkan pengalaman budaya yang mendalam dan inspiratif.

Berikut pameran yang jadi rekomendasi IHA:

  • Pameran Tiga Sisi: Jelajah dan Media di Galeri Nasional Indonesia

Pameran TIga Sisi Jelajah dan Media  menampilkan karya-karya dari tiga perempuan perupa yakni Ayu Arista Murti, Endang Lestari, dan Theresia Agustina Sitompul.

Pameran ini diselenggarakan di Gedung A Galeri Nasional Indonesia mulai 14 Juni hingga 4 Juli 2024. Para pengunjung dapat menyaksikan karya dari hasil penjelajahan pemikiran, pengendapan batin, serta eksplorasi bentuk dan teknik yang telah dilakukan oleh tiga perempuan perupa selama satu dekade terakhir.

Tidak hanya berisikan pameran karya-karya yang menarik, pameran ini juga mengajak pengunjung untuk mengarungi proses kreatif yang panjang dan penuh tantangan, serta memperlihatkan dedikasi para seniman terhadap seni dan inovasi media.

Baca Juga: Kembali Dibuka, Museum Benteng Vredeburg Hadir Dengan Wajah Baru, Buka Sampai Malam

  • Pameran Lukisan Komunitas Perupa Kota Tua "ARTCHIPELAGO" di Museum Basoeki Abdullah

Pameran Lukisan Komunitas Perupa Kota Tua "ARTCHIPELAGO” merupakan pameran yang menampilkan karya seni yang menggambarkan peran Indonesia sebagai bangsa kepulauan dalam percaturan dunia.

Diselenggarakan oleh Komunitas Perupa Kota Tua dan Museum Basoeki Abdullah, pameran lukisan ini mencerminkan semangat kebersamaan dan kebhinekaan dalam konteks global, mengambil inspirasi dari karakteristik Indonesia sebagai negara kepulauan dan menggarisbawahi pentingnya melestarikan seni dan budaya serta kerja sama global di Nusantara.

Pameran ini akan digelar di Ruang Pameran Temporer, Museum Basoeki Abdullah, mulai 14 Juni hingga 30 Juni 2024.

Selain menyuguhkan koleksi dan karya seni yang menarik, pameran ini juga akan diisi dengan berbagai aktivitas lainnya seperti pelatihan kreasi media bekas pakai dan sesi diskusi tentang peran seni di Wawasan Kepulauan Nusantara.

  • Pameran Arsip Benyamin Suaeb "Biang Kerok" di Museum Kebangkitan Nasional

Pameran ini adalah upaya untuk mengenang dan menghargai kontribusi besar Bang Ben atau Benyamin Suaeb, dalam musik, film, dan budaya Betawi. Seperti yang diketahui, Benyamin Suaeb merupakan  seorang artis, pemusik, dan juga penggiat budaya Betawi yang legendaris.

Pameran ini diselenggarakan oleh Yayasan Irama Nusantara dan Yayasan Benyamin Suaeb dengan dukungan Dana Indonesiana dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pameran Arsip Benyamin Suaeb “Biang Kerok” digelar mulai 2 Juni hingga 14 Juli 2024 di Museum Kebangkitan Nasional.

Pameran ini menampilkan karya-karya Bang Ben yang ikonik dan relevan hingga kini, sehingga pameran ini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati karya seni di masa lampau, tetapi juga menjadi ruang nostalgia bagi publik yang tumbuh bersama dengan karya-karya besar Bang Ben.

Berbagai kegiatan menarik juga akan diadakan, seperti talkshow bertema "Gaya Betawi, Funky in Kromong!", pertunjukan musik kolaboratif, penayangan film, dan lokakarya, yang dirancang untuk membangkitkan kembali apresiasi terhadap karya-karya Bang Ben.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News