Keluarga

Ada Kopi, Inilah 7 Minuman Pembersih Liver yang Layak Anda Coba

Ada Kopi, Inilah 7 Minuman Pembersih Liver yang Layak Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Layak Anda coba, inilah 7 minuman pembersih liver.

Liver atau hati bertanggung jawab untuk membersihkan dan menyaring darah dari saluran pencernaan sebelum mengalir ke seluruh tubuh. Liver juga bertugas memetabolisme obat-obatan dan mendetoksifikasi bahan kimia. Lebih dari itu, liver mengeluarkan empedu yang membantu mencerna lemak dan membuang kotoran.

Mengingat betapa pentingnya fungsi liver untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, maka kita wajib menjaganya agar tetap dalam kondisi prima.

Untuk menjaga liver tetap sehat sekaligus melindunginya dari penyakit, pembersihan atau detoksifikasi liver dapat membantu. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi minuman pembersih liver.

Baca Juga: 5 Tips Diet Sehat Anti Jerawatan, Dijamin Bikin Wajah Mulus

Ada jus hingga teh, berikut MomsMoney bagikan 7 minuman pembersih liver sebagaimana dilansir dari Owl’s Nest Recovery.

1. Jus jeruk bali

Minuman pembersih liver yang pertama adalah jus jeruk bali.

Sebuah studi oleh World Journal of Gastroenterology menyebutkan bahwa jeruk bali termasuk makanan yang bermanfaat. Buah ini mengandung dua antioksidan utama, yaitu naringin dan naringenin. Keduanya dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel liver, sehingga liver terhindar dari kerusakan.

Senyawa tersebut juga dapat mengurangi penumpukan lemak di liver dan meningkatkan enzim yang membakar lemak. Karakteristik ini membuat jeruk bali sangat baik untuk melawan penyakit perlemakan hati non-alkohol.

2. Teh kunyit

Minuman pembersih liver yang kedua adalah teh kunyit.

Teh kunyit dianggap sebagai salah satu minuman terbaik untuk detoks liver.

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit memiliki khasiat yang dapat mengurangi molekul pro-inflamasi utama yang memicu, mengembangkan, atau bahkan memperburuk penyakit liver.

3. Teh chamomile

Minuman pembersih liver yang ketiga adalah teh chamomile.

Teh chamomile umumnya dianggap sebagai minuman untuk menenangkan saraf dan membantu merasa rileks sebelum tidur. Di sisi lain, teh chamomile mengandung seskuiterpen lakton yang memungkinkan liver menyiapkan jalur detoksifikasi.

Selain itu, tanaman herbal ini juga memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi dalam teh chamomile dapat membantu tubuh mengatasi zat antara detoksifikasi, yang bisa menyebabkan kadar peradangan dalam tubuh meningkat lebih tinggi dari biasanya.

4. Teh oat

Minuman pembersih liver yang keempat adalah teh oat.

Kaya akan serat, vitamin, dan mineral, teh oat sangat baik untuk membersihkan liver dan usus. Mengonsumsi teh oat dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Sebuah penelitian di International Journal of Molecular Sciences menemukan bahwa beta-glukan dalam oat atau gandum tampaknya membantu mengurangi jumlah lemak yang disimpan di liver tikus.

Baca Juga: Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Menghapus Tato Agar Tetap Aman dari Risiko

5. Kopi

Minuman pembersih liver yang kelima adalah kopi.

Kopi mungkin baik untuk liver, karena dapat melindungi liver dari penyakit seperti fatty liver atau perlemakan hati.

Dalam sebuah studi tahun 2014 di Journal of Clinical Gastroenterology, kopi mampu memengaruhi enzim lain, sehingga memberikan efek perlindungan. Lebih dari itu, jurnal tersebut menyebutkan bahwa kopi dapat mengurangi penumpukan lemak di liver dan meningkatkan antioksidan pelindung. Kopi juga memiliki senyawa yang membantu enzim liver membuang zat penyebab kanker.

6. Teh peppermint

Minuman pembersih liver yang keenam adalah teh peppermint.

Peppermint mengandung minyak atsiri dalam jumlah besar, yaitu mentol dan menton. Minyak ini dapat membantu proses pencernaan, terutama jika Anda makan banyak di malam hari.

Stagnasi makanan bisa jadi merupakan tanda makan berlebihan, yang dapat menyebabkan gangguan tidur. Dan, peppermint bisa membantu mengatasinya.

Sebagai teh, peppermint dapat membantu proses pencernaan dengan membantu liver melakukan pembersihan.

7. Jus buah jujube

Minuman pembersih liver yang terakhir adalah jus buah jujube.

Jujube atau disebut juga kurma Cina merupakan buah yang berasal dari Asia Selatan. Buah ini memiliki unsur-unsur yang membantu menutrisi darah liver untuk melakukan pembakaran lemak dan detoksifikasi.

Minum jus buah jujube dapat menenangkan pikiran dan mengurangi tingkat stres, sehingga Anda bisa tidur nyenyak. Pada gilirannya, hal ini akan membantu liver Anda berfungsi dengan baik.

Itulah 7 minuman pembersih liver yang layak Anda coba.

Selanjutnya: PPATK: Fintech Lending Digunakan Pemain Judi Online untuk Pinjam Uang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News