Santai

Ada e-Porter, Pengguna Kereta Api Bisa Pesan Porter Secara Online

Ada e-Porter, Pengguna Kereta Api Bisa Pesan Porter Secara Online

MOMSMONEY.ID - Saat bepergian atau pulang kampung, Moms bisa jadi membawa banyak barang. Bagi pengguna kereta api, memanfaatkan jasa porter merupakan salah satu pilihan. Namun, kini Moms bisa memesan porter secara online melalui aplikasi e-Porter.

"e-Porter membantu pemudik untuk bisa menggunakan jasa porter dengan aplikasi sehingga mereka lebih terjamin kenyamanannya," terang Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy, Senin (1/4).

"Karena porter itu langsung tahu penumpangnya duduk di mana, sehingga tidak ada porter yang berebut untuk mengambil barang," ujar dia. 

Menurut Hendy, selama ini banyak orang yang ragu menggunakan porter lantaran khawatir barangnya tidak aman, dan lantaran harga.

Namun, dengan aplikasi ini, penumpang kereta api akan tahu siapa porter yang melayaninya, dan berapa harga yang dikenakan untuk setiap barang.

"Jadi semua orang tahu, berapa uang yang akan dikeluarkan untuk membayar porter," tambah Hendy.

Baca Juga: 8 Tips biar Mudik Bersama Hewan Peliharaan Lebih Mudah dan Nyaman

Nah, sejauh ini layanan e-Porter ini tersedia di 15 stasiun. Mulai dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jatinegara, Stasiun Bekasi, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon Prujakan, dan Stasiun Cirebon. 

Lalu, Stasiun Semarang, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Madiun, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan stasiun Malang.

Aplikasi ini pun bisa diunduh lewat playstore. Menurut Hendy, saat ini layanan e-Porter ini masih dalam uji coba. Namun, bila layanannya sudah berjalan dengan baik, nanti akan dimasukkan ke aplikasi Access by KAI.

Dia pun menambahkan, layanan e-Porter ini sudah diuji coba sejak sebulan yang lalu, kali ini akan dicoba dengan beban yang lebih banyak, alias lebih banyak pengguna saat libur lebaran.

Nah, bagi yang yang ingin menggunakannya, unduh aplikasi e-Porter, mendaftar dengan memasukkan alamat email, nama dan password, setelah berhasil melakukan verifikasi dan masuk ke akun Anda, Anda bisa melakukan pemesanan langsung dengan QR atau ID porter terdekat.

Sementara untuk pemesanan terjadwal, Anda bisa memasukkan kode booking kereta untuk memverifikasi data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News