MOMSMONEY.ID - Impact.com, sebuah platform manajemen kemitraan dan Cube Asia serta penyedia data pasar e-commerce untuk kawasan Asia Tenggara, melakukan survei di Indonesia yang menunjukkan, 87% orang berbelanja karena rekomendasi influencer.
Dalam laporan The Power of Influence - E-commerce Influencer Marketing in Southeast Asia, survei tersebut Impact.com lakukan terhadap lebih dari 400 responden di Indonesia, dengan rentang usia 18-24 tahun (22,75%) , 25-34 tahun (47,25%), dan 35-44 tahun (21,50%).
Hasil survei menunjukkan, sebanyak 87% responden memutuskan untuk melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi yang datang dari influencer dan selebriti terkemuka.
Produk yang paling sering dibeli oleh mayoritas responden adalah fashion dan sepatu, mencapai angka 67%. Kemudian, produk kecantikan mendapat perhatian 61% responden, sementara produk elektronik juga menarik minat pasar sebanyak 40%.
Baca Juga: Ini Pentingnya Adopsi AI bagi Bisnis Online Menurut Anchanto
"Laporan terbaru kami tentang influencer menyoroti perubahan penting dalam preferensi konsumen Indonesia saat mereka berinteraksi dalam lanskap digital," kata Myre Gustam, Country Lead Impact.com untuk Indonesia, Senin (4/12).
Dari responden Indonesia yang berpartisipasi dalam survei, platform media sosial dan konten yang paling sering digunakan adalah YouTube dan Instagram, dengan tingkat penggunaan mencapai 91%.
Selain itu, TikTok juga mengalami pertumbuhan yang pesat, dengan tingkat penggunaan mencapai 86%. Perlu ditekankan bahwa angka-angka ini jauh melampaui penggunaan Facebook, yang saat ini hanya mencapai 76%.
Yang menarik, lebih dari 21% responden bahkan merasa senang dan antusias tentang prospek penggunaan AI di dunia influencer. Temuan ini menggambarkan, konsumen Indonesia memiliki sikap yang terbuka dan menerima terhadap kehadiran teknologi ini.
Baca Juga: Cara Mencari Add Yours di Instagram, Fitur Terbaru yang Banyak Digunakan
Myre menambahkan, dalam konteks dunia influencer online dan pengikut selebritas, faktor keaslian dan keahlian telah menjadi prioritas utama bagi konsumen ketika responden memilih dengan siapa mereka ingin berinteraksi.
Sebanyak 79% responden dalam survei menekankan pentingnya ulasan produk atau layanan yang jujur sebagai faktor utama yang memengaruhi keputusan mereka dalam mengikuti influencer dan selebritas.
Sementara 69% responden menyebutkan keahlian dalam topik atau niche tertentu sebagai faktor yang memengaruhi keputusan mereka.
Angka-angka ini jauh melampaui faktor-faktor lain seperti humor (53%), penampilan (51%), dan gaya hidup (37%), dengan sangat jelas menunjukkan peran krusial yang dimainkan oleh keaslian dan keahlian dalam membentuk followers online.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News