Bugar

8 Kegiatan Ini Cara Menghilangkan Stres Paling Baik, Sudah Coba?

8 Kegiatan Ini Cara Menghilangkan Stres Paling Baik, Sudah Coba?

MOMSMONEY.ID - Mungkin, beberapa dari Anda bertanya-tanya cara menghilangkan stres paling baik. Apa saja yang bisa dilakukan?  

Menghadapi stres dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang tak terelakkan. Namun, ada berbagai cara untuk mengelolanya agar tidak berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental kita.

Bersumber dari Very Well Health, berikut adalah delapan kegiatan yang terbukti efektif dalam menghilangkan stres, yang mungkin bisa Anda coba:

1. Olahraga rutin

Berolahraga bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental. Aktivitas fisik membantu melepaskan endorfin, hormon yang memicu perasaan positif dan mengurangi persepsi terhadap rasa sakit. Olahraga seperti yoga, berjalan kaki, atau bersepeda adalah pilihan bagus untuk memulai.

2. Meditasi dan mindfulness

Praktik meditasi dan mindfulness dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi kecemasan. Teknik ini melibatkan fokus pada napas dan membantu mengalihkan perhatian dari pikiran yang mengganggu. Aplikasi meditasi dapat membantu pemula untuk memulai.

Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami, Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak!

3. Menulis jurnal

Menuliskan pemikiran dan perasaan dalam jurnal dapat membantu dalam mengelola stres. Ini adalah cara untuk mengungkapkan diri dan merefleksikan apa yang terjadi dalam hidup Anda.

4. Mendengarkan musik

Musik memiliki kekuatan untuk memengaruhi suasana hati kita. Mendengarkan musik yang menenangkan atau lagu favorit Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi hormon stres.

Baca Juga: Kenapa Setelah Olahraga Badan Sakit? Ternyata Ini Penyebabnya!

5. Menghabiskan waktu di alam

Alam memberikan efek relaksasi yang signifikan. Menghabiskan waktu di luar ruangan, seperti berjalan di taman atau trekking di gunung, dapat meningkatkan mood dan mengurangi perasaan stres.

6. Melakukan hobi

Mendedikasikan waktu untuk hobi yang Anda sukai bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan stres. Baik itu melukis, memasak, atau kegiatan kreatif lainnya, hobi memberikan rasa pencapaian dan kepuasan.

Baca Juga: Apakah Kurang Tidur Bisa Sebabkan Darah Tinggi? Begini Faktanya

7. Terapi aromaterapi

Aromaterapi menggunakan minyak esensial untuk membantu menenangkan pikiran. Minyak seperti lavender dan chamomile dikenal karena efek relaksasinya dan dapat digunakan dalam diffuser atau ditambahkan ke dalam bak mandi.

8. Bertemu dengan teman dan keluarga

Interaksi sosial adalah cara alami untuk mengurangi stres. Menghabiskan waktu berkualitas dengan teman atau keluarga dapat meningkatkan perasaan dukungan dan mengurangi perasaan kesepian.

Baca Juga: Jangan Dilewatkan! Inilah Segudang Manfaat Sarapan untuk Tubuh

Itulah beberapa kegiatan sebagai cara menghilangkan stres paling baik yang bisa Anda coba. Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki cara sendiri dalam mengelola stres.

Beberapa metode mungkin lebih efektif untuk satu orang daripada yang lain. Jadi, cobalah untuk mengeksplorasi dan menemukan kegiatan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Terakhir, jika Anda merasa stres Anda sudah sangat mengganggu dan sulit untuk ditangani sendiri, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional. Psikolog atau konselor dapat memberikan dukungan dan alat yang diperlukan untuk mengelola stres dengan lebih efektif. Ingat, menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News