Santai

7 Trik Rahasia WhatsApp yang Tidak Banyak Diketahui Pengguna

7 Trik Rahasia WhatsApp yang Tidak Banyak Diketahui Pengguna

MOMSMONEY.ID - WhatsApp merupakan salah satu platform pesan yang memiliki banyak pengguna. Ada beberapa trik rahasia WhatsApp yang tidak banyak diketahui. 

Trik rahasia WhatsApp ini dapat memudahkan Anda sebagai pengguna dalam mengirimkan pesan. 

Mengutip Techwiser, berikut ini trik rahasia WhatsApp yang tidak banyak diketahui pengguna. 

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Foto dan Video yang Hilang di Instagram

1. Konversi Satuan di WhatsApp

Mengetik apa pun yang berisi angka diikuti satuan dapat dikonversi langsung di WhatsApp. Misalnya, saat menulis "26cm", Anda cukup mengetuknya untuk memilihnya lalu mengetuk Konversi untuk mengubahnya ke satuan lain, termasuk meter, kilometer, yard, kaki, dan lainnya.

Ini berfungsi pada ponsel Google Pixel, Samsung Galaxy, dan Vivo, dan lain-lain. Sayangnya, ini tidak memungkinkan pada iPhone.

2. Kirim Pesan ke Kontak yang Belum Disimpan

Jika Anda ingin mengirim pesan kepada seseorang tanpa menyimpan kontaknya, Anda mungkin akan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsDirect, pintasan iPhone, atau trik URL ( wa.me/mobilenumber ). Namun, ada cara yang lebih mudah.

Cukup ketik dan kirim nomor telepon yang ingin Anda kirimi pesan ke salah satu obrolan Anda ( Anda bahkan dapat mengirim pesan kepada diri Anda sendiri ). Kemudian, ketuk nomor tersebut dalam obrolan, dan Anda akan melihat opsi untuk Mengobrol dengan 'nomor ponsel '.

APLIKASI WHATSAPP GANGGUAN

Ketuk nomor tersebut untuk mulai mengirim pesan kepada mereka secara langsung tanpa harus menyimpan kontak mereka.

Hal ini khususnya berguna saat mengirim pesan kepada seseorang yang mungkin tidak perlu Anda hubungi lagi di masa mendatang, seperti untuk layanan satu kali atau pengiriman.

3. Unduh Foto Sekali Lihat

WhatsApp memungkinkan Anda mengirim foto dan video yang dapat dibuka satu kali saja. Foto dan video tersebut tidak akan tersimpan, hilang setelah dilihat, dan tidak dapat diambil gambarnya atau direkam layarnya.

Jika Anda perlu segera melewati batasan ini, seperti untuk keperluan hukum atau untuk menyimpan informasi penting, Anda dapat menggunakan ekstensi Chrome. Atau, Anda dapat menggunakan WhatsApp dalam Beeper, di mana media yang hilang akan muncul seperti gambar biasa.

4. Simpan Foto Profil WhatsApp

Awal tahun ini, WhatsApp memblokir kemampuan untuk menyimpan foto kontak perorangan. Meskipun Anda masih dapat menyimpan foto grup atau bahkan mengambil tangkapan layarnya, hal ini tidak lagi memungkinkan untuk foto kontak, dan Anda akan melihat kesalahan "tangkapan layar diblokir" atau "tangkapan layar tidak diizinkan oleh aplikasi ini".

Namun, pada Android, Anda masih dapat menyimpan foto kontak dengan mengambil tangkapan layar dari popup yang muncul saat Anda mengetuk gambar profilnya.

Baca Juga: 5 Fitur Baru untuk Pengguna Android yang Diumumkan Google

- Buka WhatsApp dan ketuk foto kontak dalam obrolan.

- Saat Anda melihat pop-up dengan foto profilnya, tekan tombol 
Volume Turun + Daya secara bersamaan untuk mengambil tangkapan layar.  

- Anda kemudian dapat memotong gambar profil mereka dari tangkapan layar ini.

5. Melihat Pesan yang Dihapus Orang Lain

Terkadang, orang mengirimi Anda pesan hanya untuk menghapusnya nanti. Sekarang, jika Anda ingin membaca apa yang mereka kirim sebelumnya, Anda dapat melakukannya menggunakan Riwayat Notifikasi di Android. 

Fitur ini memungkinkan Anda melihat semua notifikasi yang Anda terima di ponsel, termasuk pratinjau pesan WhatsApp (meskipun sekarang sudah dihapus).

Namun, fitur ini perlu diaktifkan sebelum mulai mencatat notifikasi Anda. Untuk mengaktifkannya, buka Setelan > Notifikasi > Setelan Lanjutan > Riwayat Notifikasi. 

Setelah diaktifkan, lihat kembali riwayat notifikasi Anda kapan saja setelah seseorang menghapus pesan yang telah mereka kirim. Anda akan menemukan pratinjaunya di sana.

Jika Anda ingin menyimpan gambar, video, dan file terkirim lainnya setelah dihapus oleh pengirim, Anda dapat mengunduh aplikasi 'Dapatkan Pesan yang Dihapus' dari Google Play Store. Setiap kali seseorang membatalkan pengiriman pesan, Anda dapat membuka aplikasi tersebut untuk memeriksa pesan yang dihapus. Namun, sekali lagi, ingatlah bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga memiliki implikasi privasi.

Baca Juga: WhatsApp Luncurkan Efek dan Filter Panggilan Video AR ke iPhone

6. Kunci Obrolan 

Anda mungkin tahu bahwa WhatsApp memungkinkan Anda melindungi aplikasi dengan kunci aplikasi. 

Namun, tahukah Anda bahwa Anda dapat mengunci obrolan sensitif dengan kode rahasia yang hanya dapat diakses oleh Anda? 

Obrolan ini tidak dapat dibuka oleh teman dan keluarga Anda meskipun Anda membuka kunci ponsel dan memberikan WhatsApp kepada mereka

7. Jadwalkan Pesan WhatsApp

Ingin mengirim ucapan selamat ulang tahun atau hari jadi pada waktu yang tepat (seperti tengah malam) tetapi khawatir akan lupa atau tertidur? Anda dapat menjadwalkan pesan WhatsApp. Meskipun WhatsApp belum secara resmi menawarkan fitur ini, ada beberapa solusi mudah.

Di Android, Anda dapat menggunakan aplikasi SKEDit atau Autoresponder for WhatsApp. Pengguna iPhone dapat memanfaatkan aplikasi Shortcuts bawaan untuk menjadwalkan pesan WhatsApp.

Nah itulah beberapa trik rahasia WhatsApp yang tidak banyak diketahui penggunanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News