Bugar

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda, Efektif dan Sederhana

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda, Efektif dan Sederhana

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa cara menjaga kesehatan mata yang sederhana dan efektif. Apa saja?

Menjaga kesehatan mata adalah aspek penting dari kesehatan umum yang seringkali terabaikan.

Dengan meningkatnya penggunaan perangkat digital, risiko terhadap kesehatan mata semakin besar.

Melansir dari laman Healthline, berikut telah MomsMoney rangkumkan beberapa cara menjaga kesehatan mata yang sederhana dan efektif:

1. Mengonsumsi vitamin dan mineral yang tepat

Vitamin A, C, E, dan mineral seperti zinc, adalah antioksidan yang membantu mencegah degenerasi makula, yaitu kondisi yang merusak bagian tengah retina.

Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari makanan berwarna seperti wortel, paprika merah, brokoli, bayam, stroberi, ubi jalar, dan jeruk. Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam salmon dan biji rami juga sangat baik untuk kesehatan mata.

Baca Juga: Khasiat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh Anda, Cocok untuk Diet

2. Jangan lupakan karotenoid

Karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin sangat penting untuk kesehatan mata dan ditemukan di retina. Sumber makanan yang kaya karotenoid termasuk sayuran berdaun hijau, brokoli, zucchini, dan telur.

Suplemen yang mengandung karotenoid juga dapat membantu melindungi mata dengan meningkatkan densitas pigmen yang menyerap cahaya ultraviolet dan cahaya biru.

3. Tetap bugar

Olahraga dan menjaga berat badan ideal bukan hanya baik untuk lingkar pinggang Anda, tetapi juga untuk mata Anda. Diabetes tipe 2, yang lebih umum pada orang dengan berat badan berlebih, dapat merusak pembuluh darah kecil di mata, yang dikenal sebagai retinopati diabetik.

Ini terjadi ketika kelebihan gula dalam darah merusak dinding arteri halus, sehingga menyebabkan kebocoran darah dan cairan. Mengelola kadar gula darah dan menjaga kebugaran dapat mengurangi risiko diabetes dan komplikasinya.

Baca Juga: Manfaat Buah Plum untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Ketahui Faktanya!

4. Mengelola kondisi kronis

Kondisi seperti tekanan darah tinggi dan multiple sclerosis dapat memengaruhi penglihatan. Peradangan kronis terkait dengan kondisi ini dapat merusak tubuh, termasuk saraf optik yang dapat menyebabkan nyeri dan kehilangan penglihatan.

Mengelola kondisi ini dengan diet yang sehat, olahraga, dan obat-obatan dapat meminimalkan dampaknya pada penglihatan Anda.

5. Menggunakan perlindungan mata yang tepat

Saat berolahraga, bekerja di bengkel, atau melakukan eksperimen ilmiah, sangat penting untuk melindungi mata Anda dengan kacamata pelindung. Kacamata yang terbuat dari polikarbonat yang sangat kuat bisa melindungi mata dari kimia, objek tajam, atau bahkan kontak fisik saat berolahraga.

Baca Juga: Sakit Kepala Karena Flu? Berikut 10 Cara Ampuh untuk Mengobatinya

6. Memakai kacamata hitam

Kacamata hitam melindungi mata Anda dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Memilih kacamata yang memblokir 99 hingga 100 persen radiasi UV penting untuk mencegah kondisi mata seperti katarak dan degenerasi makula. Memakai topi lebar juga dapat memberikan perlindungan tambahan dari sinar matahari.

7. Menerapkan aturan 20-20-20

Untuk mengurangi ketegangan mata saat bekerja di depan komputer, ikuti aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, pandanglah objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Ini membantu mata Anda beristirahat dan mengurangi ketegangan.

Nah, itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata yang sederhana dan efektif. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Jangan lupa terapkan cara di atas agar mata Anda senantiasa sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News