Santai

6 Tindakan Pencegahan agar Smartphone Anda Tidak Meledak dan Terbakar

6 Tindakan Pencegahan agar Smartphone Anda Tidak Meledak dan Terbakar

MOMSMONEY.ID - Smartphone memang banyak membantu aktivitas kita di era sekarang ini. Mulai dari bekerja, berbisnis, menjalin hubungan dengan rekan-rekan hingga untuk alat hiburan.

Kini juga sudah lazim, orangtua memberikan smartphone kepada anak-anak mereka sebagai pengganti nonton televisi atau permainan. Namun Moms juga jangan sampai lupa bahwa smartphone adalah alat elektronik yang bisa meledak atau terbakar. 

Kasus seorang bocah 9 tahun di Ciamis bernama Ikmal yang meninggal dunia ketika membawa smartphone yang sudah terbakar. Dugaan sementara, Ikmal meninggal akibat ledakan gadget yang ia mainkan dalam kondisi sedang mengisi daya.

Baca Juga: Smartphone Lipat Motorola Meluncur di China 11 Agustus Smartphone Lipat Motorola Meluncur di China 11 Agustus

Dilansir dari web PCMag, memang rata-rata smartphone yang ada di pasar saat ini kecil kemungkinan meledak. Tetapi kecelakaan tetap bisa terjadi. 

Sebagai tindakan pencegahan, tentu saja Moms kita harus tetap waspada dan minimal melakukan 6 tindakan saat menggunakan smartphone.

1. Gunakan casing smartphone untuk mengurangi kemungkinan kerusakan fisik. 

2. Hindari menggunakan atau meletakkan smartphone di temperatur ekstrim. Pasalnya, baterai smartphone bekerja optimal dalam kisaran suhu antara 0-35 derajat celsius. 

3. Jangan mengisi daya smartphone semalaman. Kesehatan smartphone tetap terjaga dengan mengisi daya hingga 30%-80%. 

Baca Juga: Nokia Segera Luncurkan HP Fitur 110 4G di India Nokia Segera Luncurkan HP Fitur 110 4G di India

4. Pakai adapter charger bawaan. 

5. Rawat kabel charger agar tidak rusak atau terkelupas sehingga bisa meminimalisir risiko korsleting dan terbakar. 

6. Pasang antivirus agar terhindar dari malware yang buat prosesor bekerja lebih keras dan menyebabkan kondisi smartphone terlalu panas.

Tetap waspada ya Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News