Bugar

5 Masalah Kulit yang Dialami Usia 40 Tahun ke Atas, Apa Saja?

5 Masalah Kulit yang Dialami Usia 40 Tahun ke Atas, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Masalah kulit bisa dialami oleh siapa saja, termasuk usia 40 tahun. Anda bisa memahami beberapa masalah kulit yang dialami usia 40 tahun ke atas di sini.

Ada banyak sekali penyebab munculnya masalah kulit pada usia 40 tahun, seperti perubahan hormon, pola makan tidak sehat, penggunaan produk skincare yang belum benar, paparan sinar Matahari, dan lain-lain.

Oleh karena itu, jadikan rutinitas merawat kulit sebagai investasi Anda di masa tua nanti. Agar lebih semangat, berikut lima masalah kulit yang dialami pada usia 40 tahun ke atas dilansir dari evamuliaclinic.com, yaitu: 

1. Kulit kering 

Masalah kulit pertama pada usia 40 tahun ke atas adalah kulit kering. Kulit kering dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti gatal-gatal, kemerahan, dan bersisik.

Penyebab utama kulit kering adalah faktor lingkungan seperti cuaca yang dingin dan kering, penggunaan sabun yang keras, dan mandi terlalu sering.

Cara mengatasi kulit kering, gunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit Anda. Pastikan untuk menggunakan produk yang bebas dari alkohol dan bahan kimia keras lainnya. Kemudian, hindari mandi terlalu sering dan gunakan air hangat, bukan air panas.

Baca Juga: Lakukan 4 Urutan Skincare Malam yang Benar untuk Kulit Sehat dan Lembab

2. Kerutan

Masalah kulit pada usia 40 tahun ke atas selanjutnya adalah kerutan. Masalah kulit ini paling sering dialami pada usia 40 tahun ke atas. 

Kerutan disebabkan oleh hilangnya kolagen dan elastin dalam kulit, yang membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Paparan sinar Matahari, merokok, dan polusi juga dapat mempercepat proses penuaan kulit.

Oleh karena itu, Anda perlu hindari paparan sinar matahari langsung, gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi, dan jangan merokok.

Selain itu, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinoid atau vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin.

3. Noda dan bintik-bintik pada kulit

Kemudian, noda dan bintik-bintik pada kulit juga dialami pada usia 40 tahun ke atas. Penyebab dari masalah kulit ini karena paparan sinar matahari yang berlebihan atau perubahan hormonal. Noda pada kulit dapat membuat seseorang terlihat lebih tua dan kurang sehat.

Untuk mengatasi noda dan bintik-bintik pada kulit, hindari paparan sinar Matahari langsung dan gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi.

Lalu, perhatikan makanan yang Anda konsumsi, dan pastikan asupan gizi yang cukup dalam tubuh. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli dermatologi untuk mendapatkan solusi yang tepat dan efektif.

Baca Juga: 4 Kesalahan Memakai Sheet Mask di Malam Hari yang Sering Terjadi

4. Kulit Sensitif

Selain kulit kering, masalah kulit sensitif juga bisa dialami pada usia 40 tahun ke atas. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon, gangguan kulit, atau faktor lingkungan seperti cuaca yang dingin dan kering. Kulit sensitif dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan gatal-gatal.

Cara mengatasi kulit sensitif, hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras atau alergen. Gunakan produk yang dirancang khusus untuk kulit sensitif dan bebas dari parfum dan pewangi.

Selain itu, jangan mandi terlalu sering dan gunakan air hangat, bukan air panas. Pastikan untuk menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap yang tepat untuk jenis kulit Anda.

5. Jerawat

Tidak hanya remaja, orang dewasa terutama pada usia 40 tahun bisa mengalami jerawat. Jerawat pada usia ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal, polusi, dan kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol.

Anda perlu hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras atau alergen. Pastikan untuk membersihkan kulit secara teratur dan gunakan produk yang dirancang khusus untuk mengatasi jerawat.

Kemudian, jangan memencet atau menggaruk jerawat, karena hal ini dapat memperparah kondisi kulit.

Sekarang Anda sudah tahu beberapa masalah kulit yang bisa dialami pada usia 40 tahun ke atas. Yuk, rawat kulit wajah Anda sejak dini agar kesehatan kulit tetap terjaga sampai tua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News