Santai

6 Manfaat Pakai Sabun Organik, Bukan Cuma Buat Aroma Terapi Saja lo

6 Manfaat Pakai Sabun Organik, Bukan Cuma Buat Aroma Terapi Saja lo

MOMSMONEY.ID - Pernah pakai sabun organik dengan bahan natural? Jika belum, mulai coba, yuk. Ada manfaat memakai sabun organisk, lo, ternyata.

Selain dikenal karena ramah lingkungan dan lebih aman saat digunakan, ternyata ada manfat lain dari sabun organik yang tentu baik bagi kesehatan kulit.

Bagi yang belum tahu, sabun organik kebanyakan dibuat dengan bahan natural dan minim bahan kimia.

Nah, ini dia beragam manfaat menggunakan sabun organik yang penting untuk diketahui.

Baca Juga: Mengenal IPL,Treatment Menghilangkan Bulu yang Populer

Ramah lingkungan

Sudah sejak lama sabun organik dikenal sebagai sabun yang ramah lingkungan. Hal tersebut disebabkan karena bahan alami dan natural yang digunakan di dalamnya.

Bahan-bahan kimia yang beracun tidak digunakan dalam proses pembuatannya. Selain itu, residu dari sabun organik juga lebih mudah terurai sehingga membuatnya aman dan ramah lingkungan.

Tidak mengandung bahan pengawet

Sabun organik yang terbuat dari bahan-bahan alami biasanya dikenal memiliki jangka waktu kadaluwarsa singkat. Hal tersebut malah menjadi alasan bagus untuk beralih menggunakan sabun organik.

Sebab itu tandanya tidak ada zat-zat pengawet dan kimia yang digunakan sebagai campuran dalam sabun organik.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Cara Mudah Atasi Iritasi Akibat Mencukur di Sini

Kaya anti oksidan

Manfaat lain dari menggunakan sabun organik adalah kaya anti oksidan. Melansir dari laman Natures Glory, sabun-sabun organik terbuat dari bahan alami yang mengandung anti oksidan tinggi.

Kandungan anti oksidan tersebut bermanfaat untuk memperbaiki kulit, mengurangi peradangan, dan memperlambat proses penuaan dini. Selain itu, tingkat pH dari sabun organik berada di angka 9-10, yang artinya lebih lembut untuk digunakan kulit dan tidak berisiko menimbulkan iritasi.

Kandungan anti bakteri alami

Kandungan anti bakteri kimiawi yang terkandung dalam sabun cair maupun sabun pada umumnya bisa menimbulkan risiko kanker kulit. Beberapa kandungan yang dimaksud adalah paraben, sulphate, triclosan, dan jenis bahan kimia lainnya.

Sedangkan sabun organik punya kandungan anti bakteri alami dari alam. Seperti serai, tea tree, dan juga eucalyptus yang tentunya lebih aman bagi kulit.

Baca Juga: Ini lo Daftar Alat Make Up dan Skincare Kate Middleton

Melembabkan kulit

Sabun organik yang terbuat dari bahan-bahan natural mengandung glycerin yang berperan penting dalam melembabkan kulit. Laman Earthbits menjelaskan bahwa glycerin adalah kombinasi alkohol dan air yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan glycerin bukan cuma bagus untuk melembabkan kulit, tapi juga aman digunakan untuk kulit sensitif dan baik untuk mengatasi masalah kulit lainnya.

Sebagai aroma terapi

Manfaat lain dari menggunakan sabun organik adalah mampu memberikan efek terapi yang menenangkan. Wangi natural dari bahan-bahan alami yang terkandung di sabun organik bisa memberikan efek aroma terapi yang meredakan stres dan memperbaiki mood.

Bahkan wangi-wangian dari sabun organik juga bisa menenangkan pikiran dan bekerja hingga ke bagian otak untuk meningkatkan keseluruhan kerja tubuh, jiwa, dan raga.

Tertarik coba? Itulah tadi beragam manfaat menggunakan sabun organik dengan bahan natural yang ternyata tak hanya ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News