Santai

6 Manfaat Olahraga Aquarobic, Aerobik di Air yang Masih Sepi Peminat

6 Manfaat Olahraga Aquarobic, Aerobik di Air yang Masih Sepi Peminat

MOMSMONEY.ID - Cocok dilakukan anak-anak hingga orang lanjut usia, ini manfaat melakukan olahraga aquarobic bagi kesehatan.

Tak banyak yang tahu bahwa ada beragam jenis olahraga air untuk merawat kesehatan tubuh bukan hanya berenang. Ada juga aquarobic.

Aquarobic adalah olahraga aerobik di air yang memadukan kardio, kekuatan, dan juga stamina sehingga menjadi paket olahraga lengkap dan menyenangkan.

Lalu apa saja sih manfaat kesehatan dari olahraga aquarobic ini? Simak beberapa daftarnya di sini.

Baca Juga: 4 Jenis Olahraga untuk Lansia, Bikin Tetap Aktif dan Sehat di Usia Lanjut

Bagus untuk kesehatan jantung

Olahraga dengan basis kardio punya manfaat baik untuk melatih kesehatan kardiovaskular pada jantung dan pernapasan. Termasuk olahraga aquarobic yang bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan pernapasan secara perlahan.

Sehingga tentu saja olahraga ini bagus untuk kesehatan jantung juga.

Meningkatkan kekuatan otot

Seiring bertambahnya usia, kekuatan otot akan berkurang jika tidak pernah dilatih. aquarobic menurut laman British Health Foundation, bisa memberikan manfaat seperti melatih dan membentuk otot.

Manfaat tersebut bisa diperoleh dari gerakan-gerakan aquarobic yang berfokus pada gerakan menarik dan menekan. Melakukan gerakan-gerakan tersebut semakin terasa karena gerakan tersebut dilakukan di dalam air.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Anda Wajib Olahraga Jalan Kaki Rutin, Banyak Manfaatnya!

Membangun daya tahan

Beban tradisional yang biasa digunakan saat olahraga mengharuskan tubuh manusia untuk mendorong dan menarik melawan beban ditambah gravitasi. Berbeda dengan beban yang digunakan olahraga ini.

Ketahanan terhadap air adalah ketahanan lebih alami yang mengharuskan tubuh untuk berusaha keras di dalam air, bukan melawannya. Daya tahan pun akan semakin terbentuk saat melakukan aquarobic secara rutin.

Membakar kalori

Kombinasi latihan kekuatan dan kardio yang dipadukan dengan ketahanan air dalam olahraga ini membuat tubuh mendapatkan latihan yang maksimal.

Menurut laman Health Fitness Revolution, tergantung pada aktivitas kardio, berat badan, suhu air, volume dan daya apung, tubuh dapat membakar antara 400 hingga 500 kalori dalam satu jam latihan aquarobic.

Baca Juga: Meski Sama-sama Dipakai di Gym, Ini Beda Sepatu Weightlifting dan Cardio

Meningkatkan fleksibilitas

Saat melakukan olahraga ini, banyak gerakan yang dilakukan ke berbagai arah sambil menyesuaikan dorongan dan tarikan air. Sehingga secara alami, persendian akan meningkatkan rentang geraknya.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan adanya peningkatan fleksibilitas signifikan setelah sekelompok orang lanjut usia melakukan latihan terapi aquarobic ini secara rutin, loh.

Untuk semua kalangan

Aquarobic atau aerobik air tidak terbatas pada kelompok umur atau tingkat keterampilan apa pun. Olahraga ini pun dikenal sebagai salah satu aktivitas bonding ampuh untuk teman dan keluarga.

Olahraga ini menarik bagi segala usia dari generasi muda hingga generasi tua dan siapa pun yang ingin meningkatkan kebugaran fisik dengan cara modern.

Jadi makin tahu, kan, apa saja manfaat dari melakukan olahraga aquarobic yang masih jarang diminati banyak orang ini. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News