Keluarga

6 Makanan yang Dapat Menjaga Kesehatan Ovarium, Terhindari dari PCOS dan Kista

6 Makanan yang Dapat Menjaga Kesehatan Ovarium, Terhindari dari PCOS dan Kista

MOMSMONEY.ID - Para wanita wajib menjaga kesehatan ovarium mereka. Pasalnya, kesehatan ovarium dapat menentukan aspek kesehatan secara umum, sebab berkaitan erat dengan hormon & sistem reproduksi.

Ovarium itu sendiri merupakan salah satu sumber utama dua hormon, yakni estrogen & progesterone yang berkaitan dengan kesuburan wanita.

Seorang wanita dapat dikatakan memiliki ovarium yang sehat apabila ia mengonsumsi pola makan yang bernutrisi & memiliki gaya hidup sehat sehingga tak memengaruhi hormonnya, terutama terhindari dari penyakit seperti kista ovarium ataupun PCOS.

Lantas, apa saja sih makanna yang dapat menjaga kesehatan ovarium? Mari simak artikelnya berikut ini.

Baca Juga: Ini 4 Olahraga yang Boleh Dilakukan Penderita PCOS Secara Rutin

Buah beri

Stroberi

Buah beri semacam stroberi, blueberry, dan rasberi kaya akan antioksidan yang bisa menangkal kerusakan sel dari stres oksidatif. Hal ini akan membantu kesehatan ovarium jadi lebih baik secara umum.

Buah beri juga mengandung serat yang tinggi sehingga akan menjaga kadar insulin tetap stabil, dikutip dari Times of India. Hal ini tentu saja penting bagi wanita penderita PCOS yang menderita resistensi insulin.

Dengan mengonsumsi buah beri setiap hari, maka akan membantu tubuhmu memastikan hormon tidak meningkat, serta kesehatan ovarium terjaga.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Baik Untuk Organ Intim Perempuan, Bikin Subur

Ubi jalar

ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan yang dapat menjaga kesehatan ovarium, serta mencegah sel kanker mendekat karena banyaknay kandungan vitamin & beta-karoten.

Mengutip Only my health, ubi jalar dapat mengatur hormon dan siklus menstruasi, serta bisa menstabilkan gula darah, lho!

Yogurt Yunani

kesehatan ovarium

Yogurt Yunani juga dapat memnjaga kesehatan ovarium dan rahim karena kaya akan kalsium dan probiotik, dilansir dari India IVF.

Baca Juga: 6 Teh Herbal Penyeimbang Hormon Perempuan, Bisa Atasi PCOS Juga

Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu makanan super dengan kandungan lemak sehat & nutrisi yang tinggi. Karena merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, maka tak heran jika alpukat dapat mendukung dan menjaga kesehatan reproduksi seperti ovarium serta meningkatkan kualitas sel telur pada wanita.

Tomat

Tomat ceri

Tomat adalah buah yang kaya akan likopen. Likopen itu sendiri berfungsi mengurangi berbagai jenis kanker, termasuk juga kanker payudara & ovarium. Likopen dalam buah tomat jua bertindak sebagai antioksidan yang membantu melawan penyakit jantung.

Baca Juga: Agar Tidak Kram, Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini Saat Sedang Haid Ya

Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama saat hamil. Sayuran diperkaya potasium, asam folat, vitamin C, dan fitokimia.

Selain itu, menambahkan sayuran hijau ke dalam makanan dapat mengurangi risiko kembung dan menjaga kesehatan ovarium Anda.

Itu dia deretan makanan yang dapat menjaga kesehatan ovarium dan telah terbukti oleh penelitian. Jadi, jaga kesehatan ovarium Anda dengan sering mengonsumsi makanan di atas, ya!

Selanjutnya: Tonton Rekomendasi Film Populer Bertema Death Game Sadis Ini Yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News