Keluarga

6 Jenis Rempah yang Sering Digunakan dalam Masakan China, Pedasnya Sangat Khas

6 Jenis Rempah yang Sering Digunakan dalam Masakan China, Pedasnya Sangat Khas

MOMSMONEY.ID - Mau tahu jenis rempah apa sajakah yang sering Anda santap dalam masakan China? Yuk bersama-sama cari tahu!

Masyarakat China menyukai makanan pedas yang berasal dari rempah karena berbagai alasan. Ada yang untuk penambah nafsu makan, membantu pencernaan, hingga membantu mendinginkan tubuh pada iklim lembap.

Beberapa daerah di Tiongkok memang sudah terkenal karena masakan pedasnya yang khas, seperti Sichuan/Szechuan dengan bumbu mericanya, Chongqing dengan hotpotnya, dan Hunan dengan masakan daging pedasnya.

Berikut ini Momsmoney hadirkan beragam jenis rempah penghasil rasa pedas yang sering digunakan dalam masakan China, ini dia.

Baca Juga: 5 Rasa Makanan yang Pengaruhi Kesehatan Tubuh, Menurut Pengobatan Tradisional China

Kayu manis China

Kayu manis China adalah jenis kayu manis yang dikenal sebagai gui pi. Teksturnya lebih tebal & lebih gelap dari kayu manis pada umumnya.

Jenis rempah ini tidak memiliki aroma yang kuat, serta dapat menyatu dengan baik dengan bumbu lainnya. Seringkali bumbu ini digunakan dalam pembuatan semur maupun bumbu perendam.

Cengkeh

Manfaat cengkeh

Baca Juga: Soto Tangkar vs Soto Betawi, Ini Perbedaan Dua Jenis Soto Khas Suku Betawi

Cengkeh menawarkan aroma yang manis & menyengat dengan kuat pada aneka masakan China. Seringkali jenis rempah ini digiling menjadi bumbu.

Dikutip dari Happy Spicy Hour, cengkeh sangat pas jadi bumbu penyedap sup maupun bumbu daging.

Lada merah Sichuan

Lada merah sichuan

Lada merah Sichuan tergolong dalam jenis buah beri, dan bukan paprika. Jenis rempah inilah yang memberikan cita rasa khas yang selalu hadir di setiap masakan Sichuan / Szechuan.

Remah lada merah ini memiliki rasa yang dalam, sedikit pahang, serta sensasi aroma jeruk dan menciptakan sensasi pedas di lidah.

Baca Juga: 6 Jenis Mie Dingin Terkenal di Dunia, dari Korea Utara hingga Vietnam Wajib Anda Coba

Meski rempah China ini tidak mengandung capcaisin, namun lada merah Sichuan menimbulkan sensasi “kesemutan” yang unik pada lidah, tidak seperti jenis lada/merica lainnya.

Diperkirakan sensasi kesemutan ini berasal dari molekul hidroksi-alfa-sanshool, dilansir dari Oriental Mart.

Bunga lawang

bunga lawang

Bunga lawang yang berbentuk bintang cukup unik & mudah dikenali  sebagai salah satu jenis rempah yang sering digunakan dalam masakan China.

Punya aroma harum mirip akar manis, bunga lawang seringkali digiling menjadi bentuk bubuk & merupakan salah satu rasa utama dalam bumbu khas China yang disebut “5 Bumbu China”.

Jenis rempah yang satu ini sering ditambahkan ke dalam masakan seperti semur, hidangan yang direbus, hingga obat-obatan tradisional.

Baca Juga: Mengenal 7 Sambal Unik di Dunia, Ada yang Menyengat sampai ke Hidung

Jinten

Bumbu serbaguna jinten tak cuma bisa digunakan sebagai bumbu marinasi, tapi juga sebagai olesan & bumbu tumis.

Meski sekilas mirip seperti biji adas, namun jinten/jintan memiliki aroma & rasa yang lebih kuat serta bersahaja. Rasanya sedikit pedas & membuat rasa masakan jadi semakin pedas di tenggorokan.

Jenis rempah yang satu ini kerap digunakan terutama untuk masakan China di wilayah Barat seperti Xi’an.

Jahe

Jahe

Baca Juga: 8 Bahan Makanan Pengganti Cabai yang Menghasilkan Sensasi Rasa Pedas

Jahe merupakan jenis bumbu wajib yang harus selalu ada dalam setiap masakan China, berdampingan dengan bawang putih. Jahe digunakan dalam masakan seperti membuat saus, tumisan, hingga sup.

Jahe juga digunakan dalam pengobatan tradisional untuk para lelaki untuk kekebalan tubuh.

Itu dia deretan jenis rempah  yang sering digunakan dalam masakan China sebagai penambah rasa & aroma yang khas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News