Santai

6 Film Ini Sukses Angkat Ragam Budaya di Indonesia, Sudah Nonton Semua?

6 Film Ini Sukses Angkat Ragam Budaya di Indonesia, Sudah Nonton Semua?

MOMSMONEY.ID - Kaya akan budaya dan kearifan lokal, beberapa film Indonesia ini sukses angkat ragam budaya Indonesia, lo.

Indonesia adalah negara yang dikenal karena memiliki banyak ragam budaya.

Tak jarang bahkan ada film-film Indonesia yang menampilkan budaya tersebut dalam ceritanya.

Nah, berikut ini ada beberapa judul film Indonesia yang sukses membawa cerita tentang budaya-budaya lokal Indonesia.

Baca Juga: Sinopsis Revenant di Disney+, Drakor Horor Thriller Terbaru Kim Tae Ri

Athirah

Athirah adalah film biografi ibu dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Film ini dibintangi oleh Cut Mini, Christoffer Newlan, Tika Bravani, dan Indah Permata Sari.

Film ini mengikuti kehidupan Athirah, wanita Bugis yang menikah dan memiliki lima orang anak. Kehidupan rumah tangganya menghadapi banyak permasalahan salah satunya adalah permasalahan poligami dan konflik batin bersama anak-anaknya.

Jika ingin tahu bagaimana budaya Bugis, jangan lupa tonton film ini.

Laskar Pelangi

Laskar Pelangi menceritakan tentang perjuangan dua orang guru untuk tetap menjalankan sekolah kecil yang berada di kampung Gantong, Belitong.

Dengan segala upaya dilakukan agar sekolah mereka tetap berdiri dan anak-anak di kampung tersebut dapat memperoleh pendidikan yang layak.

Film yang mendulang kesuksesan hingga menjadi film box office ini merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata yang juga sukses menampilkan kekayaan alam Belitong.

Baca Juga: Ada Film Indonesia, 3 Film Terbaru Netflix Tayang Minggu Ini

Yowis Ben

Film yang memiliki tiga sekuel ini sukses dalam menampilkan budaya khas Malang, Jawa Timur. Digarap oleh Bayu Skak, komedian papan atas Malang, film ini juga banyak melakukan proses syutingnya langsung di Malang.

Yowis Ben mengikuti perjalanan sekelompok pemuda yang memiliki impian untuk menjadi pemain band terkenal. Film komedi ini pun menggunakan bahasa Jawa Timur Malangan yang membuatnya semakin lokal banget.

Onde Mande 

Satu lagi film budaya Indonesia yang masih tayang di bioskop. Film Onde Mande ini sarat akan budaya Minang, lo. Ceritanya tentang warga desa dan anggota keluarga yang bekerja sama melakukan penipuan.

Seorang pria berhasil mendapatkan hadiah Rp 2 miliar namun meninggal dunia sebelum menerima hadiah tersebut. Agar uang tersebut bisa cair, anggota keluarga dan warga kampung pun bersama-sama mengelabui perusahaan pemberi hadiah tersebut.

Baca Juga: Tetap Romantis walau 5 Tontonan Ini Bertema Pernikahan Palsu

Ngeri-Ngeri Sedap

Film keluarga yang dirilis di bulan Juni 2022 dan berhasil mengumpulkan penonton sebanyak 2,8 juta lebih di bioskop.

Ngeri-Ngeri Sedap menceritakan tentang sepasang orang tua keturunan Batak dan tinggal di Batak yang melakukan segala cara untuk mengumpulkan anaknya di rumah.

Cara ekstrem yaitu berpura-pura melakukan pertengkaran hebat hingga bercerai juga dilakukan agar sang anak-anaknya yang telah lama hidup merantau bisa mengunjungi mereka di kampung.

Losmen Bu Broto

Dibintangi oleh Putri Marino, Maudy Ayunda dan juga Maudy Koesnaedi, film ini juga merupakan film Indonesia yang rilis di tahun 2022 dan sarat akan budaya.

Losmen Bu Broto menceritakan tentang kehidupan keluarga Bu Broto yang mengelola sebuah losmen di Yogyakarta.

Kehidupan bersama ketiga anaknya tak selalu mulus, selalu ada saja permasalahan keluarga serta skandal besar yang harus dihadapi dan menguji keluarga tersebut.

Menampilkan cerita menarik yang sarat budaya, itulah daftar film Indonesia yang sukses angkat ragam budaya Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News