Santai

6 Barang Ini Bisa Picu Munculnya Jerawat di Wajah Loh, Salah Satunya Pasta Gigi

6 Barang Ini Bisa Picu Munculnya Jerawat di Wajah Loh, Salah Satunya Pasta Gigi

MOMSMONEY.ID - Bukan hanya ponsel, tapi beberapa barang di bawah ini bisa memicu munculnya jerawat di wajah, loh.

Selain hormon, jerawat juga dapat muncul dari kebiasaan dan barang barang di sekitar. Terutama barang-barang yang kerap dipakai dan tak pernah dijaga kebersihannya.

Tanpa disadari barang-barang tersebut juga berperan dalam munculnya jerawat di wajah.

Berikut adalah daftar barang-barang yang tanpa disadari bisa memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga: Simak 5 Penyebab Pori-Pori Tersumbat di Wajah, Apa Saja?

Ponsel

Yang pertama adalah ponsel. Ponsel adalah salah satu barang yang menjadi faktor eksternal penyebab timbulnya jerawat. Ponsel yang kerap dipegang dan diletakkan di sembarang tempat tentunya bisa menjadi sarang kuman dan kotoran.

Kuman dan kotoran yang menempel pada ponsel bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat terutama jika bersentuhan dengan wajah.

Laman Acne Star juga menambahkan kacamata, alat musik, dan beberapa barang lainnya yang menempel di kulit wajah sebagai penyebab lain munculnya jerawat jika tidak rutin dibersihkan.

Handuk

Handuk juga menjadi salah satu tempat debu dan kotoran berkumpul. Selain itu kuman dan bakteri juga mudah untuk muncul di handuk yang jarang dibersihkan.

Maka dari itu sebaiknya gunakan handuk berbeda untuk wajah dan badan. Agar kuman dan bakteri yang masih menempel tak mudah berpindah ke area wajah.

Baca Juga: Penuhi 4 Vitamin Ini untuk Masalah Kulit Berjerawat dan Kusam

Sarung bantal

Tanpa disadari sarung bantal juga menjadi salah satu barang penyebab munculnya jerawat. Sarung bantal penuh dengan debu, keringat, dan kotoran yang menempel dengan kulit wajah secara langsung. Bakteri dari kotoran tersebutlah yang kemudian memicu jerawat.

Rutin menggunakan skincare dan mencuci wajah tentunya akan sia-sia jika tidak rajin mengganti sarung bantal.

Alat make up

Kuas dan spons yang kerap digunakan untuk make up juga memiliki potensi menyebabkan jerawat jika tidak rajin dibersihkan.

Selain menjadi tempat debu berkumpul, kuas dan spons juga menjadi tempat sisa make up berkumpul yang tentu saja bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Kenalan dengan Skin Cycling, Teknik Pakai Skincare Baru dan Langkah-Langkahnya

Pasta gigi

Jika sering menemukan jerawat yang muncul di area mulut, hal tersebut bisa saja disebabkan karena sisa pasta gigi yang tertinggal. Sama dengan sampo, pasta gigi juga mengandung zat-zat yang bisa menimbulkan jerawat jika tak dibersihkan hingga bersih. Maka dari itu, ada baiknya untuk mencuci wajah setelah gosok gigi.

Sampo

Sampo juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Melansir laman My Cozy Room, sisa atau residu sampo dan kondisioner yang tidak dibilas dengan bersih akan mengendap di bagian kulit dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Selain itu kandungan sampo dan kondisioner juga bisa memicu munculnya jerawat jika tidak dibilas hingga bersih. Tak hanya bagian wajah, bagian tubuh lain seperti kepala, punggung, hingga pundak juga bisa terkena risiko jerawat karena sisa sampo dan kondisioner.

Itulah tadi beberapa barang yang ternyata bisa menjadi faktor penyebab munculnya jerawat di wajah. Mulai perhatikan, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News