Santai

5 Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun dengan Bijak

5 Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun dengan Bijak

MOMSMONEY.ID - Tahun 2023 telah memasuki semester kedua. Bagi yang mau plesiran, berikut ini 5 tips merencanakan liburan akhir tahun dengan bijak.

Sejak tahun lalu, masyarakat Indonesia telah mulai berani melakukan perjalanan wisata ke luar kota bahkan luar negeri. 

Tren tersebut diprediksi akan terus berlanjut, apalagi akhir tahun 2023 sudah di depan mata, sudah menjadi tradisi banyak orang melakukan liburan akhir tahun.

Berdasarkan hasil survei Populix pada 2022, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang berencana menghabiskan akhir tahun dengan liburan.

Tiga hasil teratas terkait rencana kegiatan responden dalam mengisi liburan akhir tahun, yakni 67% responden berencana mengunjungi tempat wisata alam.

Kemudian, 65% responden berencana berwisata kuliner, dan sebanyak 48% responden berencana untuk sekadar menghabiskan waktu di penginapan seperti hotel atau sering disebut dengan staycation.

Baca Juga: 6 Benda Ini Harus Selalu Anda Bawa saat Solo Traveling

Apapun rencana aktivitas yang akan dilakukan untuk mengisi waktu liburan akhir tahun, tentu perlu perencanaan yang matang, baik dari segi tempat tujuan, penginapan, hingga biaya yang merupakan aspek terpenting. 

Berikut tips yang bisa jadi pegangan Anda dalam merencanakan liburan akhir tahun dari Bank Neo Commerce (BNC):

Jaga kesehatan

Kesehatan adalah hal yang paling utama untuk Anda perhatikan setiap waktu, tidak terkecuali saat berlibur. 

Dengan memiliki tubuh yang prima, Anda bisa mengeksplorasi beragam tempat wisata di daerah tujuan liburan. 

Makan teratur, banyak minum air putih, dan tidur yang berkualitas dan cukup merupakan tiga kunci sederhana untuk Anda agar dapat memiliki badan yang sehat. 

Kesehatan perlu diperhatikan dengan baik saat merencanakan liburan, sehingga kita tidak mudah jatuh sakit, dan aktivitas liburan nantinya akan berjalan lancar, seru, dan menyenangkan.

Baca Juga: Rencanakan Liburan ke Negara Bebas Visa Ini, yuk

Siapkan akomodasi dan tiket transportasi sebisa mungkin lebih awal

Menyiapkan akomodasi dan tiket transportasi seawal mungkin, menjadi hal yang penting untuk Anda perhatikan. 

Karena, dengan mempersiapkan akomodasi dan tiket transportasi lebih awal, liburan akan berjalan dengan baik. 

Jangan lupa, biasanya Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika booking akomodasi dan tiket transportasi ke daerah tujuan lebih awal.

Cari tahu kegiatan dan tempat wisata di daerah tujuan

Mencari tahu tempat-tempat wisata dan berbagai kegiatan seru di daerah tujuan, juga sebaiknya Anda lakukan dalam merencanakan liburan akhir tahun. 

Sehingga, saat liburan, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan baik, dan pada akhirnya dapat menikmati liburan akhir tahun dengan optimal. 

Namun, tentu tidak ada salahnya juga jika Anda hanya ingin berlibur dengan tenang, memanjakan diri dengan pijat dan spa, atau hanya ingin sekadar beristirahat di penginapan atau staycation.

Baca Juga: Ingin Liburan Bersama Anak, Simak Tips dari Ringgo dan Sabai

Bawa perlengkapan secukupnya

Saat merencanakan liburan, penting juga untuk memperhatikan barang apa saja yang akan Anda bawa saat liburan nanti. 

Bawalah barang secukupnya sesuai dengan durasi liburan dan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan jangan sampai Anda kerepotan saat tengah berlibur dengan barang bawaan sendiri.

Menabunglah dari jauh hari

Salah satu aspek yang tidak kalah penting tentunya bujet. Merencanakan anggaran untuk berlibur tentunya harus dilakukan jauh-jauh hari. 

Pastikan bahwa memang dana yang Anda pakai adalah dana yang dianggarkan untuk liburan. 

Jangan sampai Anda memakai dana-dana yang sudah dianggarkan untuk keperluan yang lain. Dana darurat, contohnya.

Banyak fitur-fitur dalam aplikasi keuangan yang bisa membantu Anda dalam merencanakan anggaran, termasuk anggaran liburan. 

Tidak hanya fitur, terdapat juga produk keuangan yang dapat Anda manfaatkan. Salah satunya adalah produk Neo Wish milik aplikasi neobank oleh BNC. 

Neo Wish merupakan tabungan berjangka yang bisa membantu nasabah BNC untuk mencapai tujuan dana tertentu dengan cara menabung secara berkala selama periode waktu tertentu, salah satunya liburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News