Santai

5 Tips Mengosongkan Ruang Penyimpanan iPhone untuk Download iOS 18 Terbaru

5 Tips Mengosongkan Ruang Penyimpanan iPhone untuk Download iOS 18 Terbaru

MOMSMONEY.ID - Apple telah merilis iOS 18 terbaru untuk pengguna iPhone. Namun, ada beberapa pengguna tidak bisa download iOS 18 karena ruang penyimpanan penuh. Berikut ini terdapat tips mengosongkan ruang penyimpanan iPhone.

Bagi Anda yang mengalami permasalahan yang sama, Anda dapat menyimak artikel mengenai tips mengosongkan ruang penyimpanan iPhone untuk download iOS 18 terbaru.

Tips mengosongkan ruang penyimpanan iPhone untuk download iOS 18 terbaru berikut ini akan memudahkan Anda dalam mengunduh software tersebut. 

Baca Juga: Cara Download iOS 18, Ukuran File yang Harus Diunduh dan Daftar iPhone yang Kebagian

Sistem Operasi Apple yang baru ini akan mendefinisikan ulang kustomisasi iPhone, dengan memperkenalkan fitur-fitur yang akan memuaskan penggemar Apple. 

Pembaruan utama mencakup kustomisasi layar beranda dan layar kunci yang disempurnakan, dengan penempatan aplikasi dan widget yang fleksibel, desain aplikasi dan widget yang dipersonalisasi. 

Selain itu, sistem operasi ini juga menghadirkan Pusat Kontrol yang didesain ulang dan aplikasi manajemen kata sandi baru.

Nah, berikut ini tips mengosongkan ruang penyimpanan iPhone untuk download iOS 18 terbaru.

Penampakan iOS 18

1. Analisis penyimpanan: Sebelum Anda mulai menghapus sesuatu dari ponsel, periksa aplikasi atau item mana yang menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan.

Buka Pengaturan Umum dan lihat Penyimpanan iPhone. Bilah paling atas akan menunjukkan apa yang menghabiskan ruang penyimpanan iPhone Anda. 

Anda tidak perlu memahami angka-angka ini secara mendalam, tetapi untuk pengalaman iPhone yang bebas repot, Anda harus menyisihkan 10 GB untuk pembaruan iOS, dan menyisakan 2 GB untuk aktivitas rutin seperti fotografi dan penginstalan aplikasi.

2. Bongkar aplikasi: Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang menghabiskan ruang penyimpanan Anda, Anda dapat menyingkirkannya secara permanen atau membongkarnya. 

Baca Juga: Cara Download iOS 18 Beta di iPhone, Simak dan Ikuti Langkah-langkahnya

Di ponsel Anda, Anda akan menemukan beberapa aplikasi yang jarang digunakan. 

Meskipun Anda menggunakannya sesekali, sebagian besar waktu, aplikasi-aplikasi ini hanya akan teronggok begitu saja dan menghabiskan ruang penyimpanan iPhone Anda.

Untuk mengosongkan ruang tanpa kehilangan pengaturan aplikasi, Apple menawarkan fitur "Offload App":

1. Buka daftar penyimpanan iPhone Anda.
2. Pilih aplikasi yang ingin Anda bongkar.
3. Ketuk "Offload App."

Aplikasi akan tetap berada di layar beranda, tetapi datanya akan dihapus. Untuk menggunakan kembali aplikasi, cukup ketuk ikonnya untuk mengunduh ulang.

3. Periksa penyimpanan Foto dan Video: Di bilah penyimpanan, Anda akan sering menemukan foto dan video menempati tempat kedua setelah aplikasi. 

Jadi untuk mengatasinya secara langsung, Anda dapat mengoptimalkan penyimpanan foto.

Baca Juga: 6 Tips Menghadapi Homesick yang Rawan Dialami Mahasiswa Baru

Buka pengaturan Penyimpanan dan temukan Foto. Di sini, Anda akan melihat bilah sakelar pada Optimalkan Penyimpanan iPhone. 

Setelah diaktifkan, proses ini mungkin memerlukan waktu, terutama jika Anda memiliki pustaka media yang besar, tetapi setelah selesai, Anda dapat memperoleh sejumlah besar ruang kosong pada penyimpanan iPhone Anda.

Mengoptimalkan Foto akan membantu Anda menjaga foto tetap dalam ukuran yang lebih kecil dan resolusi yang lebih rendah. Versi ini juga lebih mudah diunggah ke iCloud.

4. Hapus pesan lama: Meskipun pesan teks dan utas iMessage tidak terlalu memakan tempat penyimpanan, lampirannya bisa jadi memakan tempat. Jumlah semua pesan tersebut bisa lebih banyak lagi jika Anda mengirim banyak emoji atau foto.

Untuk menghemat ruang, buka aplikasi Pesan. Dari sini, Anda dapat menghapus pesan satu per satu atau seluruh percakapan. Tempat yang tepat untuk mulai menghapus utas pesan adalah di folder Pengirim Tidak Dikenal.

5. Hapus lampiran email: Mirip dengan pesan, lampiran email juga dapat menghabiskan banyak ruang di iPhone Anda. Kini, Anda memiliki dua opsi untuk mengosongkan ruang. 

Hapus semua email dengan lampiran hanya dalam beberapa klik atau tetapkan batas ukuran khusus, seperti 15 MB dan hapus email dengan lampiran yang lebih besar. 

Pendekatan yang terarah ini membantu Anda dengan cepat menghilangkan e-mail yang menghabiskan banyak ruang. 

Nah, itulah beberapa tips mengosongkan ruang penyimpanan iPhone untuk download iOS 18. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Dorong Transisi Energi, PLN Paparkan Rencana Pemanfaatan EBT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News