Santai

5 Pengaturan iPhone yang Perlu Diubah, Bisa Meningkatkan Kualitas Foto

5 Pengaturan iPhone yang Perlu Diubah, Bisa Meningkatkan Kualitas Foto

MOMSMONEY.ID - Tak banyak pengguna iPhone yang mengetahui ada beberapa pengaturan yang perlu diubah. Pengaturan iPhone yang perlu diubah karena bisa menambah hasil yang maksimal. 

Salah satunya yaitu dapat meningkatkan kualitas foto Anda menjadi lebih jernih. Apa saja pengaturan iPhone yang perlu diubah?

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur AI Background di Instagram, Ubah Latar Belakang Foto Praktis

Mengutip Guiding Tech, berikut 5 pengaturan iPhone yang perlu diubah. 

1. Panggilan Suara Lebih Jernih

Apple memperkenalkan mode mikrofon Isolasi Suara baru di iOS 16 yang mengurangi kebisingan latar belakang saat panggilan. 

Meskipun kebanyakan orang menganggap fitur ini berfungsi paling baik dengan FaceTime atau aplikasi panggilan video lainnya, Anda akan (dengan senang hati) terkejut mengetahui bahwa fitur ini berfungsi dengan baik bahkan dengan panggilan suara standar.

Setelah Anda melakukan panggilan melalui aplikasi Telepon, seret ke bawah Pusat Kontrol dan ketuk Mode Mikrofon. Lalu, pilih Isolasi Suara. 

Mengaktifkan fitur ini pasti akan meningkatkan kualitas panggilan setiap kali Anda berada di lingkungan yang bising.

2. Jadikan Foto dan Video Lebih Kompatibel

background foto

Secara default, iPhone Anda menyimpan foto dalam format HEIC terkompresi. Meskipun hal ini tentu membantu menghemat ruang penyimpanan, format file tidak kompatibel dengan beberapa perangkat lain, dan mungkin juga merepotkan untuk mentransfer file HEIC ke komputer.

Oleh karena itu, sebaiknya ubah format foto dan video Anda ke format yang kompatibel secara luas. Untungnya, Apple memungkinkan Anda melakukan ini dengan satu ketukan. Begini caranya.

Baca Juga: Apple Face ID Tidak Berfungsi di iPhone? Begini Cara Memperbaiki

Buka aplikasi Pengaturan dan navigasikan ke bagian Kamera. Lalu, pilih Format. Ubah ke Paling Kompatibel. 

3. Meningkatkan Kualitas Foto Close Up

Sejak ukuran sensor ponsel cerdas mulai bertambah besar, merek mulai secara otomatis beralih ke kamera ultra lebar untuk pengambilan gambar jarak dekat guna menghindari fringing. Namun, hal ini menghasilkan foto berkualitas lebih rendah karena kamera ultra lebar di iPhone tidak setajam kamera utama.

Jika Anda merasa gambar close-up hewan peliharaan, anak-anak, atau dokumen dan objek tidak terlihat bagus di iPhone baru Anda, berikut cara menghentikan iPhone Anda beralih ke mode makro secara otomatis. 

- Buka aplikasi Pengaturan > navigasikan ke bagian Kamera. Gulir ke bawah dan aktifkan sakelar untuk Kontrol Makro. 

- Gulir ke atas dan pilih Pertahankan Pengaturan . Aktifkan sakelar untuk Kontrol Makro. 

Baca Juga: Ada Telepon Mengganggu? Ini 3 Cara Mencegah Panggilan Tidak Dikenal di HP

- Sekarang, buka aplikasi Kamera dan dekatkan objek ke kamera. Anda akan melihat tombol Makro di sudut kiri bawah. Ketuk untuk menonaktifkannya.

Jika Anda ingin menggunakan mode Makro secara manual, ketuk lagi tombol kuning untuk mengaktifkannya. Namun, pastikan untuk mematikannya setelah digunakan.

4. Hentikan Aplikasi Melacak Data 

Versi iOS yang lebih baru memungkinkan Anda mengontrol apakah Anda ingin aplikasi melacak aktivitas Anda di iPhone atau tidak. Ini adalah bonus besar karena Anda dapat menghindari iklan bertarget dengan menghentikan aplikasi mengakses data Anda.

Jadi, jika nanti Anda berpikir Instagram mulai menampilkan iklan mainan hewan peliharaan setelah Anda mencarinya di Amazon, berikut cara menghentikannya.

Buka aplikasi Pengaturan > navigasikan ke Privasi & Keamanan. Lalu, masuk ke Pelacakan dan matikan tombol Izinkan Aplikasi Meminta untuk Dilacak. 

Selain itu, matikan sakelar untuk semua aplikasi. Saat melakukannya, buka menu sebelumnya dan buka Analisis & Peningkatan > nonaktifkan sakelar untuk Bagikan iPhone Analytics.

5. Sembunyikan Aplikasi dan Layar Beranda

Pengaturan ini pasti akan mengejutkan Anda! Apple telah menambahkan kemampuan untuk menyembunyikan layar beranda dari iPhone Anda, yang merupakan cara terbaik untuk menyimpan aplikasi tidak perlu yang tidak Anda gunakan sepanjang waktu. 

Ini adalah cara yang baik untuk menyembunyikan beberapa aplikasi dari layar beranda Anda sebelum menyerahkan ponsel Anda kepada seseorang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Cek FPS dalam Game di Android? Simak Langkah-langkahnya

Setelah Anda mendapatkan ponsel Anda kembali, aktifkan layar beranda sekali lagi untuk mengakses semua kontennya. Inilah cara melakukannya.

- Ketuk dan tahan layar beranda iPhone Anda hingga semua ikon mulai bergoyang. Lalu, ketuk titik-titik di bagian bawah yang menunjukkan layar beranda mana yang sedang Anda gunakan.

- Hapus centang pada layar beranda yang ingin Anda sembunyikan dan ketuk Selesai. 

Untuk memulihkan layar beranda yang tersembunyi, ulangi prosesnya dan centang layar beranda yang ingin Anda kembalikan.

Pengaturan ini bahkan berfungsi di iPad, jadi jika Anda memilikinya, lakukan juga langkah-langkahnya.

Nah itulah pengaturan iPhone yang perlu diubah. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News