Santai

5 Manfaat Kesehatan Olahraga Squat, Tak Hanya Bantu Bentuk Bokong

5 Manfaat Kesehatan Olahraga Squat, Tak Hanya Bantu Bentuk Bokong

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa manfaat olahraga squat yang baik pria dan wanita lakukan berikut ini.

Olahraga menjadi suatu hal positif yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu olahraga yang sebaiknya mulai banyak Anda lakukan adalah squat.

Squat adalah olahraga yang mudah dilakukan, namun bisa memberikan banyak manfaat baik jika dilakukan dengan gerakan yang tepat.

Baca Juga: 5 Manfaat Tidur Telanjang bagi Kesehatan, Tertarik Coba?

Berikut adalah beberapa manfaat dari melakukan olahraga squat secara rutin, simak ya:

Meningkatkan fleksibilitas

Dengan bertambahnya umur tentu saja tingkat kelenturan atau fleksibilitas akan semakin berkurang. Dari mulai tendon, otot, dan ligamen, semuanya akan kehilangan kelenturannya seiring bertambahnya usia.

Elastisitas dan fleksibilitas pada bagian-bagian tubuh tersebut dapat terus dijaga dan ditingkatkan dengan rutin melakukan squat.

Membakar kalori lebih banyak

Kebanyakan orang akan berpikir bahwa kalori akan lebih banyak terbakar melalui kegiatan cardio. Tapi ternyata, melakukan gerakan compound seperti squat atau angkat beban juga membakar lebih banyak kalori.

Laman Health Line menjelaskan, dengan melakukan minimal 30 menit olahraga compound seperti squat, bisa membakar sebanyak kurang lebih 223 kalori.

Baca Juga: Anda Kesulitan untuk Konsentrasi? Kenali 6 Penyebab Fokus Menurun Berikut

Memperkuat organ dalam

Siapa sangka ternyata olahraga squat juga memiliki manfaat untuk memperkuat organ dalam tubuh jika dilakukan secara rutin.

Tenaga yang dikeluarkan untuk melakukan gerakan squat membantu untuk memperkuat otot jantung, melancarkan sirkulasi oksigen dan nutrisi dalam tubuh, dan meningkatkan kapasitas paru-paru terutama jika ditambahkan pemberat.

Menguatkan tubuh bagian tengah

Tubuh bagian tengah alias daerah di area perut merupakan bagian yang mudah mengalami kekenduran. Padahal, penting untuk membuat daerah core ini untuk selalu kuat sehingga bisa mempermudah kegiatan sehari-hari.

Squat juga merupakan olahraga yang bisa memperkuat tubuh bagian tengah sekaligus membantu meningkatkan keseimbangan, meredakan sakit pinggang, dan memperbaiki postur tubuh.

Terhindar dari resiko cedera

Melakukan olahraga tentunya juga memiliki resiko rawan mengalami cedera. Terutama, pada bagian kaki seperti lutut dan pergelangan kaki atau ankles.

Melansir dari laman Web MD, squat juga memiliki manfaat untuk mengurangi resiko cedera saat olahraga.

Olahraga squat membantu meningkatkan kekuatan tendon, otot, dan ligamen di area kaki. Sehingga, area tersebut akan menjadi lebih stabil dan cedera bisa dihindari.

Baik bagi pria dan wanita, itulah tadi manfaat olahraga squat jika dilakukan dengan rutin dan dengan postur yang benar tentunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News