Santai

5 Manfaat Baca Buku Sebelum Tidur, Salah Satunya Terhindar dari Insomnia

5 Manfaat Baca Buku Sebelum Tidur, Salah Satunya Terhindar dari Insomnia

MOMSMONEY.ID - Bagi yang belum tahu, simak dulu beberapa manfaat membaca buku sebelum tidur di malam hari di sini.

Membaca kerap dijadikan kegiatan untuk bersantai, healing, dan hobi bagi kebanyakan orang. Setiap saat, pagi hingga malam, banyak waktu di luang kan untuk membaca buku favorit.

Namun, siapa yang sangka bahwa membaca buku sebelum tidur punya beragam manfaat bagi tubuh dan pikiran.

Meski banyak dijadikan hobi, tak banyak yang tahu manfaat membaca sebelum tidur di malam hari berikut ini.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Berat Badan Bertambah saat PMS, Perempuan Wajib Tahu

Mengurangi waktu gadget

Membaca sebelum tidur bisa dipilih sebagai aktivitas untuk mengurangi waktu bermain gadget yang berpengaruh pada kualitas tidur.

Menggunakan gadget seperti ponsel, tablet, TV, dan laptop lebih dari 1,5 jam sebelum tidur bisa mengurangi kadar melatonin yang diproduksi tubuh. Padahal melatonin adalah faktor penting yang mempengaruhi kualitas tidur.

Mengurangi stres

Tingginya kadar stres dalam pikiran sering kali memicu munculnya penyakit mental dan fisik. Namun, dengan rutin membaca buku sebelum tidur bisa membantu menurunkan kortisol penyebab stres dalam tubuh sama seperti melakukan yoga dan meditasi.

Laman Web MD menyebutkan, aktivitas tersebut bisa mengurangi stres hingga 68%. Jika dilatih dan dilakukan terus menerus, efek meredakan stres bisa menjadi efek jangka panjang.

Baca Juga: Meski Lawan Bau Mulut, Perhatikan Juga 4 Efek Samping Pakai Mouthwash Ini

Meningkatkan fungsi otak

Otot-otot pada bagian otak sama seperti bagian tubuh lainnya yang perlu untuk dilatih dengan rutin. Secara ilmu saraf, aktivitas membaca lebih memiliki efek baik untuk melatih otak dari pada bermain gadget.

Membaca buku sebelum tidur juga bisa membantu menekan risiko Alzheimer yang membuat fungsi otak menurun. Orang-orang yang rutin membaca, bermain puzzle, hingga bermain catur punya risiko 2,5 kali lebih kecil untuk terserang risiko penurunan fungsi otak dan kerusakan otak.

Meningkatkan konsentrasi

Dari pada sibuk membuka dan menutup aplikasi sosial media, membaca bisa menjadi alternatif yang lebih baik. Memilih dan membaca buku membantu pikiran untuk terbiasa berkonsentrasi yang kemudian meningkatkan fokus. 

Jika fokus dan konsentrasi meningkat, nantinya aktivitas lain seperti belajar, bisa dilakukan dengan lebih baik dan konsisten.

Meningkatkan kualitas tidur

Gangguan tidur seperti insomnia ringan dan kesulitan untuk tidur di malam hari bisa diatasi dengan membaca buku sebelum tidur. 

Melansir laman Better Help, menurut satu penelitian menemukan hasil bahwa orang yang membaca buku sebelum tidur memiliki peningkatan kualitas tidur dibandingkan dengan yang tidak. 

Sebab, membaca bisa menimbulkan efek lelah dan membuat ngantuk. Selain itu, pergerakan otot mata untuk membaca juga bisa menyebabkan rasa kantuk.

Itulah tadi sederet manfaat yang bisa diperoleh dari rutin membaca buku sebelum tidur. Mulai lakukan rutin, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News