Santai

5 Makanan Ini Bantu Rawat Kebersihan dan Kesehatan Vagina, Konsumsi Yuk

5 Makanan Ini Bantu Rawat Kebersihan dan Kesehatan Vagina, Konsumsi Yuk

MOMSMONEY.ID - Untuk menjaga kesehatan daerah intim alias vagina, sebaiknya para perempuan mulai mengonsumsi beberapa jenis makanan ini, ya.

Selain menjaga kesehatan tubuh dan kulit, bagian organ intim wanita atau vagina juga memerlukan perhatian dan perawatan.

Mengonsumsi makanan yang memiliki manfaat baik bagi organ intim dapat membantu menjaga kesehatan vagina dari dalam tubuh.

Makanan-makanan berikut ini wajib dimasukkan dalam menu harian, ya Moms, agar organ intim vagina tetap dalam kondisi yang baik, subur, dan jauh dari bakteri buruk.

Baca Juga: Tidur Telanjang Ada Untungnya, Ini 5 Manfaat Tidur Telanjang

Bawang putih

Sebagai makanan anti mikroba, bawang putih dapat membantu melawan infeksi jamur yang dapat terjadi di vagina.

Selain itu, bawang putih mengandung probiotik baik yang dapat membantu menyeimbangkan kadar keasaman atau pH vagina.

Ubi

Ubi mengandung beta karoten dan vitamin A yang tinggi untuk membantu memperkuat jaringan otot dinding rahim dan vagina pada perempuan.

Di samping itu, kesuburan vagina juga dapat meningkat, membantu produksi hormon seks, dan bagus untuk melawan PCOS.

Baca Juga: Bukan Cuma G-String, Ini 6 Jenis Celana Dalam Wanita yang Perlu Diketahui

Probiotik

Melansir dari laman Health Line, probiotik dipercaya memiliki banyak kandungan bakteri baik yang dapat membantu menyeimbangkan kadar pH pada vagina dan melawan bakteri jahat. Di samping itu, dengan mengonsumsi probiotik, infeksi jamur pada vagina juga dapat dilawan.

Makanan seperti kimchi, yogurt, dan kombucha memiliki banyak probiotik yang dapat mempertahankan jumlah bakteri baik pada vagina.

Cranberi

Baik dalam bentuk jus atau pil, sari buah cranberi memiliki manfaat untuk membersihkan bakteri pada saluran kencing. Bakteri tersebut membuat dapat mengakibatkan terjadinya infeksi saluran kencing yang tentunya berbahaya bagi kesehatan vagina.

Mengonsumsi buah cranberi utuh juga disarankan untuk menghindari adanya tambahan pemanis buatan dan pengawet pada cranberi.

Jahe

Mengutip dari laman Health jahe bermanfaat sebagai anti inflamasi, jahe dapat meredakan nyeri saat PMS atau menstruasi. Jahe memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh.

Jahe segar dapat dicampurkan pada makanan baik minuman untuk dapat Anda konsumsi setiap hari.

Jangan lupa dikonsumsi secara rutin ya, Moms, beberapa jenis makanan yang ternyata memiliki manfaat baik untuk merawat organ intim itu tadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News