AturUang

5 Kebiasaan Buruk Generasi Muda dalam Mengelola Keuangan

5 Kebiasaan Buruk Generasi Muda dalam Mengelola Keuangan

MOMSMONEY.ID - Generasi muda masih menghadapi tantangan dalam mengelola keuangan. Berdasarkan survei OCBC Financial Fitness Index (FFI) 2024, ditemukan 5 kebiasaan buruk yang ternyata masih menghantui generasi muda dalam mengelola keuangan.

Apa saja itu?

1. Pertama terdapat 80% cenderung menghabiskan uang secara berlebihan untuk mengikuti gaya hidup teman-teman mereka karena tekanan sosial dan keinginan untuk memenuhi ekspektasi sosial.

2. Sebanyak 41% sering meminjam uang dari teman atau keluarga untuk kebutuhan gaya hidup.

3. Sebanyak 40% sering membayar tagihan minimum untuk kartu kredit yang menambah beban bunga utang.

4. Ada 12% juga mengaku pengeluaran sering melebihi pemasukan

5. Dan 4% dari generasi muda terlibat dalam spekulasi berlebihan untuk mendapatkan keuntungan yang cepat.

Pasangan penulis lagu dan penyanyi Uki Diqie Sulaiman dan Thana Ajeng Gahakalpa (Aviwkila) yang terkenal berkat lagunya “Mantra Uang” ternyata juga pernah terjebak dalam kebiasaan buruk tersebut. Mereka menjadi salah satu contoh nyata dari generasi muda yang sempat tergoda oleh gaya hidup konsumtif. Pada saat awal berjuang untuk bisa bertahan di dunia musik, keduanya terbawa gaya hidup lingkungan yang sangat materialistis sebelum akhirnya sadar bahwa ini bukan jalan hidup yang sehat.

Uki Diqie Sulaiman, Singer & Songwriter mengungkapkan, pada awal menjadi musisi dan merantau ke Jakarta, sebagai insting bertahan di industri tentu saja saya ingin bergaul dengan teman sesama artis dan musisi. Karena berisikan orang-orang yang setiap harinya membicarakan barang dan juga hal yang bersifat materil, secara tidak sadar terbawa arus pergaulan metropolitan. Waktu berlalu dan saya pun sadar bahwa pergaulan seperti ini sama sekali tidak sehat.

Baca Juga: Bunga Deposito Bank Mandiri di Bulan September 2024, Masih Stabil di Level 2,00%

"Saat pertama kali kami mulai hidup dari hasil karya musik, kami jujur kaget ketika memiliki banyak uang, hingga akhirnya muncul sempat lupa diri. Bahkan kami sempat menghabiskan uang jutaan “per hari” di waktu yang singkat hanya untuk mencicipi makanan dari seantero Jakarta. Sampai akhirnya kami sadar dan mulai menyeimbangkan perilaku konsumtif ini dengan penghematan," jelas Thana Ajeng Gahakalpa, Singer & Songwriter.

Meskipun data FFI 2024 mengidentifikasi sejumlah kebiasaan buruk yang dimiliki generasi muda, ada beberapa kemajuan dari sejumlah indikator kesehatan finansial. Sekitar 25% dari responden mengaku telah memiliki dana darurat.

Dengan demikian, terjadi peningkatan kesadaran pentingnya memiliki dana darurat sebanyak 17% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini tentunya memperlihatkan bahwa semakin banyak generasi muda yang mulai melakukan perencanaan finansial untuk masa depannya.

Dalam riset tahunan hasil kerjasama OCBC dan NielsenIQ ini, sejumlah tips juga diberikan agar generasi muda bisa memiliki kondisi keuangan sehat, diantaranya perluas literasi keuangan secara online maupun offline, cek kesehatan finansial secara menyeluruh, serta ikuti ragam kelas finansial dengan topik menarik.

Perlu diketahui bahwa riset ini dibuat menggunakan metode pengamatan sikap dan perilaku mereka dalam mengelola keuangan. Survei telah dilakukan dengan melibatkan 1.241 generasi muda rentan usia 25-34 tahun dari 5 kota besar di Indonesia mencakup Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung, dan Makassar.

Baca Juga: Bunga Deposito BRI di Bulan September 2024, Tertinggi 3,50%

Selanjutnya: Mohamed Salah: Musim Terakhir Bersama Liverpool?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News